Kam. Sep 19th, 2024

Umar : Dinas Pendidikan Malra, Terus Mendorong Digitalisasi Berbasis Komputer

Kepala Dinas Kab Maluku Tenggara

Langgur LT – Ujian Akhir Sekolah (UAS) merupakan agenda rutin tahunan, dimana pada tahapan yang baru saja selesai di laksanakan oleh Sekolah Menegah Pertama (SMP) dan kini di lanjutkan dengan Sekolah Dasar (SD) dalam lingkup Kabupaten Maluku Tenggara.

Pernyataan ini di sampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malra Umar Hanubun usai mendampingi Bupati Malra pada pembukaan UAS tingkat dasar yang berlangsung di SD Mathias 3 Langgur 22/5/23.

Kata Umar, kegiatan UAS yang di laksanakan serentak pada hari ini dengan melibatkan satuan pendidikan pada tingkat SD yang jumlahnya sebanyak 182 lembaga.

Dorongan Pemerintah dalam mendorong pendidikan berbasis komputer memang perlu, namun pemerataan jejak digital berbasis komputer ini belum merata pada setiap sekolah dasar (SD).

Hal ini di akui Kadis Pendidikan Umar, yang mana dirinya mengakui untuk saat ini belum sepenuhnya dalam menghadapi UAS ini masih sebagaian menggunakan komputer dan sebagian lagi masih berjalan secara manual.

“iya untuk UAS berbasis komputer ini belum merata yang bisa di perkirakan ada 8 sampai 10 sekolah yang belum menggunakan digital komputer, yang masih terbagi pada wilayah Kei Kecil dan Kei Besar”.

Sementara itu, untuk jenjang Sekolah Menegah Pertama (SMP) se-Kabupaten ini hampir merata, namun pada saat Asesmen jika nanti sekolah yang belum memiliki digitalisasi komputer, makabisa menumpang pada sekolah yang sudah memiliki komputer, ungkap Umar.

Untuk tahun ini jumlah peserta UAS khusus bagi siswa sekolah dasar sekabupaten Malra sebanyak 2015 siswa yang tersebar di wilayah Kabupaten Malra, tidak termasuk sekolah Madrasa.

Untuk itu, selaku Kepala Dinas Pendidikan, Umar menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada Pemerintah Daerah yang mana telah berupaya maksimal dalam pemerataan jaringan di wilayah Kei Kecil sudah mencapai 100% sementara untuk Kei Besar sudah mencapai 86%.

Dengan bermodalkan jaringan telekomunikasi ini, maka tentunya Dinas Pendidikan akan terus mendorong setiap sekolah agar kedepanya sudah bisa menggunakan teknologi berbasis komputer, tegas Umar.(Saad)      

Related Post