Sab. Sep 21st, 2024

Mewakili Bupati Dalam Rapat Pleno Rekapitulasi KPU Malra : Ini Penjelasan Pejabat Sekda

Langgur, Lintas-Timur.com – Bupati Maluku Tenggara melalui Pejabat Sekertaris Daerah Ir. Nicodemus Ubro membuka kegiatan rekapitulasi hasil perhitungan suara di tingkat Kabupaten untuk pemilihan 2024.

Kegiatan rekapitulasi tersebut berlangsung di balai room hotel Cimson Center pada Kamis 29/2/24.

Ubro mengatakan, pelaksanaan hari ini, merupakan rangkaian puncak khususnya masyarakat Malra yang baru saja melewati tahapan puncak perhelatan Pemilihan Umum dalam memilih Presiden dan Wakil Presiden serta anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang berlangsung pada 14 Pebruari 2024 yang lalu.

Di tegaskan, saat ini kita memasuki tahapan akhir yakni pelaksanaan rekapitulasi di tingkat Komisi Pemilihan Umum sebagai jenjang akhir dalam memutuskan anggota DPRD Kabupaten pada periode 2024 – 2029 mendatang.

Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menyampaikan terima kasih atas segala upaya dan kerja komisioner KPU beserta jajaran, Bawaslu, TNI dan Polri dan seluruh steacholder yang ikut berperan sehingga pelaksanaan seluruh tahapan dapat berjalan hingga saat ini.

Meskipun dalam pelaksanaan terdapat berbagai kendala, namun dengan di landasi semangat serta kedisiplinan yang tinggi, berbagai hal dapat teratasi dengan baik pula, ucap Ubro.

Ubro bilang, Kamtibmas Maluku Tenggara secara umum pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan aman meskipun ada kejadian atau konflik horisontal yang terjadi, namun dapat di atasi secara oleh Aparat Keamanan.

Di tegaskan, berbagai benturan kepentingan yang terjadi sesungguhnya menjadikan bagian dari proses menuju pendewasaan diri yang demokrasi, cetus Ubro.

Pelaksanaan rekapitulasi yang di laksanakan saat ini merupakan proses pelaksanaan dari hasil rekapitulasi di tingkat Kecamatan atau PPK, sehingga dari hasil ini dapat di tetapkan para pemenangnya.

Bagi siapa pun yang akan terpilih, dan menempati kursi parlemen, merekalah kader terbaik partai dan putra dan putri terbaik Maluku Tenggara untuk mengawal proses demokrasi untuk 5 tahun mendatang.

Pelaksanaan pemilu telah selesai, namun tentunya banyak telah menguras sumberdaya yang di miliki termasuk meyakinkan masyarakat untuk mengemban amanat rakyat dengan cara menawarkan program dan kegiatan demi kemajuan daerah ini sebagai wujud cita-cita bersama.

Olehnya itu, pemilu telah usai, segala perbedaan atau perselisihan selama pemilu kiranya di tinggalkan agar bersama sama bergandengan tangan dan jadikan pemilu sebagai pendidikan politik yang sehat bagi masyarakat.

Ubro menegaskan, kepala daerah akan terus memantau dan memberikan dukungan agar seluruh proses pleno rekapitulasi dapat berjalan dengan lancar, tertib, jujur dan adil, ucapnya.(**)

Related Post