573 Anggota PPS Memiliki Peran Penting Dan Strategis Dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah

Langgur, Lintas-Timur.com – Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 573 anggota yang telah di ambil sumpah dan janjinya, kiranya dapat memegang teguh prinsip sebagai ujung tombak pelaksanaan PemiluKada pada 27 November 2024 mendatang.

Pernyataan ini di sampaikan Pejabat Bupati Malra Drs. Jasmono M.Si saat menyampaikan sambutan pada pelantikan PPS yang berlangsung di aula kantor Bupati Minggu 26/5/24.

Pada kesempatan itu, Jasmono berharap kiranya PPS yang baru di ambil sumpah janji kiranya dapat menjalankan amanah yang di berikan sehingga kedepan dapat di laksanakan secara baik dan benar serta rasa tanggung jawab.

PPS dalam bekerja harus setulus hati sehingga pelaksanaan agenda Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 dapat di laksanakan dengan lancar dan aman, pintanya.

Lebih lanjut kata Jasmono, anggota PPS yang di bentuk oleh KPUD memiliki kedudukan yang sangat penting dan strategis guna membantu dan memastikan kelancaran Pilkada di tingkat Desa atau Ohoi.

Sebagaimana pengalaman pada Pemilu Legeslatif dan Pemilihan Presiden pada beberapa waktu lalu, dinamika di tingkat Desa atau Ohoi cukup tinggi, sehingga PPS di harapkan dapat meredam dan mengambil jalan tengah, pinta Jasmono.

PPS dalam melaksanakan fungsinya harus bertindak sesuai ketentuan agar memastikan proses di Desa/Ohoi dapat berjalan lancar, jujur dan adil.

Hindari kecurangan atau kesalahan-kesalahan yang dapat menimbulkan gesekan yang dapat memicu terjadinya konflik di tengah masyarakat,

Jasmono pada kesempatan itu menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Lengkapi diri dengan pengetahuan dan pemahaman terhadap aspek teknis Peraturan Perundang-undangan,

2. Kenali dan bangun komunikasi dengan semua pihak di Ohoi. Pemerintah Ohoi, badan seniri, pemuka agama, kelompok pemuda dan kelembagaan masyarakat, tokoh-tokoh masyarakat termasuk aparat keamanan,

3. Jaga Integritas, selalu berdiri di tengah, tidak memihak dan tidak terpengaruh dengan bujuk rayu atau iming-iming dalam bentuk apapun:

4. Teguh berdiri di atas aturan. Jangan diintervensi oleh pihak manapun. Saudara-saudari dibentuk, dilantik dan diambil Sumpah oleh Ketua KPUD, maka selalu dan senantiasa membangun komunikasi dengan KPUD.

5. Tugas dan tanggung jawab ini sangat besar. Saudara-saudari akan bertugas secara terus menerus selama kurang lebih 8 bulan ke depan. PPS akan terlibat dalam semua proses dan tahapan, akan sangat menguras fisik dan energi. Jaga kesehatan, atur pola kerja dan istirahat yang cukup.(**)