Renhoran, Resmi Melantik Dan Mengambil Sumpah Janji 90 Anggota PPS Se – Kota Tual

Tual, Lintas-Timur.com – Sebanyak 90 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam lingkup wilayah Kota Tual secara resmi di lantik serta di ambil sumpahnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji ini di lakukan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kota Tual Muttaqin Ali Renhoran yang berlangsung di gedung LPTQ pada minggu 26/5/24.

Renhoran dalam kesempatan itu mengatakan, 90 anggota PPS yang baru saja mengambil sumpah dan janji ini memiliki peranan yang cukup penting dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah pada setiap Desa atau pun Kelurahan.

Untuk itu Dirinya mengharapkan agar PPS dalam pelaksanaan tentunya mengedepankan nilai-nilai profesionalisme Adil serta mandiri.

Dalam pelaksanaan pemilu Kepala Daerah nanti KPU kota Tual akan menerapkan nilai-nilai sebagaimana di atur dalam pasal 3 undang-undang Pemilu tahun 2017, yakni profesional, adil serta mandiri, cetus Renhoran.

Lebih lanjut kata Renhoran, sebagaimana di atur dalam pasal tersebut maka kedepan akan di terapkan dan akan di pedemani bukan hanya PPS namun PPk serta KPU sendiri.

Dalam pelaksanaan tugas secara profesional tentunya harus memahami kerangka tugas serta wewenang selaku PPS, PPK harus mengetahui tugasnya,

PPS dalam bekerja harus menempatkan posisi Adil, yakni dalam pelaksanaan tugas tentunya menempatkan hak dan kewajiban sesama penyelenggara maupun pemilih serta tidak menambah atau mengurangi sesuatu yang telah di tetapkan.

Selain itu Anggota PPS juga dalam bekerja tentu mengedepankan rasa keadilan, tentu dalam bekerja harus terlepas dari campur tangan serta kepentingan politik yang ada, sehingga dalam mengambil keputusan tidak terbebani, pinta Renhoran.

Renhoran mengajak PPS agar terus bekerja dan menempatkan posisinya sebagai bagian dari KPU guna menyelenggarakan pemilihan Kepala Daerah baik Gubernur Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024, pada 27 November sesuai asas.

PPS dalam bekerja nanti harus memberikan pelanan terbaik sebagaimana di harapkan sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan seperti yang di harapkan bersama, imbuhnya.

Setelah selesai di lantik ini, PPS di harapkan dapat bekerjasama dan berkoordinasi dengan PPK guna menyelesaikan pemutakhiran data sebagaimana PPK merupakan penanggung jawab di Kecamatan.

Renhoran pada kesempatan itu mengatakan, waktu pelaksanaan Pilkada sangat dekat, sehingga pihaknya sangat membutuhkan orang-orang yang memiliki integritas terhadap tugas dan tanggung jawab yang di emban guna menyelesaikan setiap tahapan yang ada, tegasnya.

Perlu di ketahui, pelantikan dan Pengambilan Sumpah dan Janji anggota PPS ini berlangsung serentak di seluruh Indonesia.(**)