Thaher, Jelang HUT Proklamasi RI Ke – 78 Pemda Malra Gelar Kirab Merah Putih

Lintas Timur.com – Peringatan Hari ULang Tahun Republik Indonesia yang ke – 78, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara akan meyelenggarakan kirab merah putih yang akan berlangsung pada tahun 2023 ini.

Bupati Malra Muhamad Thaher Hanubun menegaskan, maksud dari kirab Merah Putih ini adalah menghindarkan benderah merah putih menjelang detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2023 mendatang.

Dalam kirab merah putih ini, akan melibatkan seluruh elemen masyarakat Malra dalam menyambut hari kemerdekaan yang ke – 78 ini.

Selain itu, salah satu tujuan dari kirab ini adalah memberikan semangat dan jiwa kebangsaan agar tertanam pada jiwa masyarakat serta tertanam jiwa patriotisme kebangsaan akan cinta Merah Putih bagi masyarakat di daerah tertinggal khususnya masyarakat Kei Besar, ujar Thaher pada 9/8/23 di ruang rapat Bupati.

Lebih lanjut di katakan, terlepas dari keterlibatan masyarakat, kirab merah putih ini akan melibatkan unsur Pemerintah, TNI dan Polri Pemerintah Ohoi/Desa, serta seluruh komponen masyarakat yang berada dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Malra.

Sesuai rencana peserta kirab ini akan di lepas oleh Thaher selaku Bupati Malra yang titik starnya berawal dari Ohoi/desa Ohoiraut Kecamatan Kei Besar Utara Timur pada 12/8/23 dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat Ohoi/desa setempat pada pukul 09.00 wit waktu setempat.

Adapun peserta kirab akan melalui rute Ohoi Haar Ohoimel, Haar Ohoiwait, Haar Wasar, Ohoi Ur.

Selanjutnya, peserta kirab berkendaraan motor bergerak menuju Ohoi Ohoimejang, Ohoi Renfaan, Ohoi Tuburlay, Ohoi Banda Ely (Ohoi Fanwav Bergabung di Ohoi Banda Ely), Ohoi Banda Ui – Ohoi Banda Efruan – Ohoi Watlaar, dan Ohoi Ohoifaruan.

Kemudian Ohoi Ohoifau, Ohoi Hollat (peserta beristirahat sejenak di Ohoi Hollat), dan melanjutkan perjalanan ke Ohoi Hoko, Ohoi Hollay, Ohoi Ohoiwirin Ohoi Tuburngil, Ohoi Kilwair, Ohoi Yamtimur ,Ohoi Reyamru, Ohoi Fako, dan Elat.

“Untuk kegiatan kirab hari Sabtu di Kecamatan Kei Besar Utara Timur. Lokasi terakhir adalah Ohoi Elat. Peserta akan menginap di Elat,” ujar Thaher.

Bupati menambahkan, kirab di Kecamatan Kei Besar Utara Barat dilaksanakan usai kebaktian Minggu (13/8/2023). Di mulai dari Elat Menuju Hoor Islam.

Setibanya di Hoor, peserta kirab berkendaraan motor bergerak dari Hoor – Laar –Ohoiwab – Ad Ngurwul – Ad Weraur – Mun Werfan – Mun Ngurditwain – Mun Kahar – Mun Ohoiir – Uwat Reyaan – Uwat Air – Uwat – Ngurwalek – Hangur –Ohoituf – Faa – Dangarat – Weer Frawaf – Weer Ohoiker – Weer Ohoinam – Ngat –Sirbante – Watsin – Elralang – Bombay – Wearmaf – Soinrat – Ngurdu – Wakol –Wakatran – Depur – Elat. Peserta Kirab Kembali Menginap di Elat.

Lanjutnya lagi, kirab di Kecamatan Kei Besar dilaksanakan Senin (14/8/2023) yang dimulai dari ohoi Elat menuju Ohoi Ohoiel.

Setibanya di Ohoiel, Peserta Kirab Berkendaraan Motor Bergerak dari Ohoiel – Ngefiut – Ngefuit Atas – Waur – Ohoiwang – Fangamas – Ohoinangan –Wulurat – Waurtahit – Yamtel – Nabaheng – Ohoilim – Rahareng – Daftel – Karkarit – Ler Ohoilim – Udar – Harangur – Werka – Wetuar – Ohoiwait –Mataholat. Peserta kirab menginap di Mataholat.

Kegiatan kirab di Kecamatan Kei Besar Selatan dan Selatan Barat dilaksanakan Selasa (15/8/2023). Peserta Kirab Bergerak dari Mataholat Menuju Ohoirenan.

Setibanya di Ohoirenan, Peserta Kirab Berkendaraan Motor Bergerak dari Ohoirenan – Nerong – Larat – Tamangil Nuhuten – Weduar – Tutrean – Sather – Kilwat –Weduar Feer – Rahangiar – Feer – Sungai – Ngafan – Soindat – Tamangil (Pantai We).

Peserta Kirab Selanjutnya menyeberang menuju Kei Kecil Timur melalui Teluk/Hoar Yeuw. Memasuki Hoat Disuk Rombongan pembawah bendera belok menuju Ibra di sambut rombongan Kecamatan Kei Kecil selanjutnya bendera di arak dengan kendaraan menuju ke Ngabub – Semawi – Wain.

Di daratan Pulau Kei Kecil, pelaksanaan kirab dimulai dari Ohoi Wain, Rabu (16/8/2023). Dari Ohoi Wain, Peserta Kirab bergerak menuju Iso – Disuk – Revav – Rumaat – Raat – Watngon – Kamear – Yavafun – Tenbuk –Denwet – Mastur – Elaar – Danar – Ohoidertutu – Matwair – Somlain – Ohoiren –Ohoira – Wab – Tetoat – (menyeberang menuju Dian Pulau).

Setibanya di Dian Pulau, peserta kirab dijemput oleh Kelompok Gowes, selanjutnya Peserta Kirab bergerak menuju Ewu – Letvuan – Dian Darat – Rumadian – Debut – Namar – Ngilngof – Ohoidertawun – Ohoidertawun Atas – Dunwahan – Sitniohoi – Letman –Kelanit – Loon – Kolser – Kelurahan Ohoijang Watdek (Serba Guna) – Watdek –Ohoijang – Langgur – Wearlilir – Faan – Sathean – Jalan Poros Bandara – PertigaanJalan Baru Masuk Kompleks Kantor Bupati selanjutnya di Jemput oleh TNI-POLRI untuk di arak menuju Kantor Bupati Maluku Tenggara.

Untuk itu, Thaher berharap kegiatan kirab Merah Putih ini mendapat perhatian serta partisipasi seluruh masyarakat Malra, pintanya.(**)