Jum. Sep 20th, 2024

Buka Musyawarah PPNI , Bupati Berharap PPNI Menjadi Mintar Pemerintah

Lintas-Timur.com – Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun secara resmi membuka Rapat Kerja (Raker) II Persatuan Perawat Nasional Indonesia PPNI yang berlangsung di aula kantor Bupati 28/10/23.

Hanubun dalam sambutanya mengatakan, posisi tenaga kesehatan saat ini menjadi suatu kebanggaan, namun juga menjadi suatu dalam memberikan pelayanan pada masyarakat yang berstandar nasional maupun internasional.

Kesehatan Indonesia saat ini sangat di perhadapkan pada aspek pelayanan yang harus semaksimal mungkin, termasuk standar rumah sakit (RS) dan Puskesmas yang memaksakan diri sebagai seorang yang profesional, tegas Hanubun.

Hanubun bilang, Akreditasi Rumah Sakit tentunya akan bermuara pada pelayanan kesehatan yang maksimal, serta perlindungan bagi tenaga kesehatan

Saat ini Pemerintah Pusat dan Daerah terus memberikan perhatian penuh bagi kebutuhan pelayanan kesehatan khususnya Sumber Daya Manusia (SDM).

Hanubun berharap, Musyawarah Daerah (Musda) II Persatuan Perawat Indonesia (PPNI) Kabupaten Malra, kiranya dapat memaksimalkan serta merumuskan strategi yang tepat dalam pengembangan organisasi.

Hal ini tentunya, Pemda Malra akan selalu membuka diri terhadap rekomendasi yang di anggap penting dalam memajukan organisasi ini.

Selain itu, PPNi juga harus menjadi mitra Pemerintah Daerah guna mewujudkan sektor pelayanan di bidang kesehatan agar lebih baik, tegas Hanubun.

Pemerintah Daerah kini telah memiliki fasilitas yang memadai, baik Puskesmas dan Rumah Sakit yang representatif untuk rawat inap yang berstandar nasional, di antaranya 21 Puskesmas termasuk Puskesmas Wain yang Operasionalnya menggunakan anggaran dari Puskesmas Rumat dan 2 unit RS hingga 2025, beber Hanubun.

Dalam waktu dekat pembangunan Rumah Sakit Pratama MTH Kecamatan Kei Besar akan segera di selesaikan dalam waktu dekat, sehingga dapat menjawab konektifitas masyarakat Kei Besar atas kerinduan selama ini.

Hanubun menjelaskan, saat ini Pemda Malra juga telah menyiapkan infrastruktur Penunjang Layanan, seperti Jalan, Jembatan, Perumahan, Air Bersih, Listrik 24 Jam dan Jaringan Telekomunikasi Berbasis Internet yang semuanya telah
tersebar hampir merata di seluruh Ohoi di Kabupaten Maluku Tenggara.

Semua ini dilakukan agar Petugas Kesehatan yang bertugas di Ohoi-ohoi, dapat bekerja dengan nyaman dan maksimal. Jaringan Internet yang telah tersebar lebih dari 86%, diharapkan juga dapat menunjang Program Telemedicine yang telah ada kerjasamanya antara Pemda Malra dan RS Dr. Haulusi Ambon.

Besar harapan, kiranya Fasilitas yang ada, harusnya dapat berbanding lurus
dengan Kualitas Sumber Daya Manusia, sehingga hal ini diharapkan dapat menjadi perhatian dalam Musyawarah Daerah II PPNI Kabupaten Maluku
Tenggara.(**)

Related Post