Momen Hari Listrik Sedunia, Bupati Malra Launcheng PLTD Warbal

Lintas-Timur.com – Dalam era Kepemimpinan Bupati Maluku Tenggara Drs. Hi. M. Thaher Hanubun bersama Wakil Bupati Petrus Beruatwarin dengan akronim (MTH-PB) selama 5 tahun ini telah melaunching Listrik Desa sebanyak 21 PLTD di wilayah tersebut

Pernyataan ini di sampaikan Bupati Malra Muhamad Thaher Hanubun dalam sambutanya saat Launcheng listrik PLTD di Ohoi Warbal Kecamatan Kei Kecil Barat 27/10/23, tepat pukul 16.30 Wit, waktu setempat.

Turut dalam kegiatan Launcheng PLTD Warbal hadiri Awat Tuhaloula General Manager PT. PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Manager Area Tual Martinus Pasensi.

Manager UPTD PT. PLN (Persero) Cabang Tual Martinus Pasensi dalam sambutannya mengatakan peresmian dan penyalaan listrik yang dilaksanakan di Desa warbal adalah satu dari 20 sistim yang akan dinyalakan secara firtual secara serempak di Maluku dan Maluku Utara. Dan salah satunya adalah Desa Warbal yang pekerjaan proyek pembangunannya sudah selesai.

“Penyambungan pelanggannya sudah selesai dan oleh karena itu saya atas nama manejemen PT. PLN Persero UPT3 Tual Maluku Tenggara memohon dengan hormat bapak direktur distribusi adit Priyanto dan bapak ibu semua, bapak Bupati yang terhormat untuk meresmikan momen yang bersejarah ini bagi masyarakat kita disini sehingga mulai sejak saat ini dan seterusnya bisa menikmati listrik untuk kehidupan yang lebih baik” tuturnya.

Sementara, Manager PT. PLN Persero Maluku dan Maluku Utara Awat Tuhuluola dalam sambutannya melaporkan program listrik Desa Maluku dan Maluku Utara, PLN UIMMU 97 lokasi kita selesaikan dan Alhamdulillah di tahun 2023 kita selesaikan, “tahap pertama kita nyalakan 205 Desa dengan jumlah pelanggan 31 ribu kita nyalakan di bulan Mei kemarin.

Tahap kedua kita nyalakan di 17 Agustus 2023, sebanyak 38 lokasi 202 Desa pelanggannya 21 ribu dan hari ini Alhamdulillah tahap ketiga kita nyalakan di tanggal 27 Oktober 2023.” Cetus Tuhuluola.

Tepatnya Hari ini merupakan hari listrik nasional dan kita pastikan 97 lokasi kita nyalakan 100% dan hari ini tahap ketiga 21 lokasi, 87 Desa dan 11 ribu pelanggan kita nyalakan.

Alhamdulillah, di momen hari listrik nasional hari ini yang ke-78 kita nyalakan 100% sehingga total Desa yang kita nyalakan di Maluku dan Maluku Utara ±500 Desa yang kita nyalakan dengan jumlah pelanggan yang kita nyalakan ± 56 ribu pelanggan.

Bupati Thaher dikesempatan itu menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa bahwa hari ini PLN bisa masuk ke Pulau Warbal, Ur dan Tanimbar Kei. Artinya beban kita selama ini sudah bisa terjawab, terima kasih PLN, ujarnya Thaher.

” tidak ada kata yang bisa kami sampaikan kecuali dengan segala rendah hati, kerinduan ini udah cukup lama”, kini telah terjawab.

Tadi ada seorang yang angkat hati disana dan doa, kerinduan ini dari sejak Indonesia merdeka 17 Agustus 1945 dan sebelumnya. Alhamdulillah puji Tuhan, berarti kami tinggal 5 Desa lagi itu ada di Kei Besar.

Untuk itu saya minta masyarakat Warbal semua berdiri kita sampaikan terima kasih buat Direktur Distribusi PLN dan dan juga bapak Eric Tohir dan semuanya yang hadir

Terima kasih dan semua orang PLN baik yang ada di pusat maupun yang ada di Ambon Maluku Utara dan Alhamdulillah puji Tuhan yang ada di Kei Kota Tual dan Maluku Tenggara tidak ada kata lain kecuali terima kasih.

Selain itu, Direktur Distribusi PT. PLN Persero Adi Priyanto dalam sambutannya meminta Bupati Maluku Tenggara untuk meresmikan secara offline saja nggak usah secara online.(**)