Kam. Sep 19th, 2024

Berdirinya RS Pratama MTH Elat Merupakan Bagian Peningkatan SDM

Langgur LT – Peletakan batu pertama Rumah Sakit Pratama MTH Elat oleh Koyaan Murad Ismail merupakan rangkaian akhir dari rangkaian kunjungan kerja Gubernur Maluku.

Peletakan batu pertama ini menandakan awal pembangunan Rumah Sakit Pratama MTH yang berlangsung di Ohoi Elat Kecamatan Kei Besar pada 3/5/23.

Murad mengatakan, Pemerintah Provinsi Maluku sangat mengapresiasi upaya Bupati Malra Muhamad Thaher Hanubun dalam memperjuangkan adanya RS ini.

” ini adalah bagian dari mencerdaskan serta membangun masyarakat dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM)”.

Menurutnya, tantangan pembangunan kesehatan di Provinsi Maluku sangatlah komplexs terbatasnya akses informasi dan transportasi serta akses komunikasi yang minim mengakibatkan akses pelayanan mengalami inflasi, beber Murad.

Murad menuturkan pada saat bertemu Wakil Presiden KH. Ma’arif Amin yang juga ketua penanganan serta penanggulangan miskin ekstrim.

Kata Dia, persoalan Ekstrim ini di pulau Sumatra yang sudah ada jalan tol, di Jawa apa lagi itu pun masih banyak masyarakat yang miskin ektrim, apa lagi kami Maluku yang terdiri dari 1340 pulau, wajar jika kita termiskin.

Selain itu fiskal atau anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) yang sangat kecil, kemudian transportasi yang agak sulit karena Maluku tidak memiliki tol laut.

Berbagai upaya terus di lakukan oleh orang nomor satu Maluku ini guna membantu dan secara perlahan terjawab oleh Pemerintah Pusat dengan terbangunnya RS Pratama MTH Elat ini.

Kata Murad, peningkatan sarana dan prasarana di Maluku khususnya Kabupaten Malra ini sangat penting, guna menjawab tantangan kesehatan di bumi para Raja ini, tegasnya.

Untuk itu dengan adanya pembangunan RS Pratama MTH ini harus di dukung dengan tenaga kesehatan yang prima yang dapat melaksanakan fungsi selaku tenaga kesehatan dengan baik, tutupnya.(Saad)

Related Post