Transportasi Kebes-Langgur Akan Bertambah Dengan Beroperasinya KMP. MTH

Langgur LT – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dalam waktu dekat akan menambahkan satu unit transportasi laut yang menghubungka Kei Besar-Langgur.

Kepala Dinas Perhubungan Malra Nikson Hukubun mengatakan ada satu unit transportasi dalam melayani masyarakat dengan rute Kebes dan Langgur.

Transportasi itu adalah Kapal Motor Penumpang (KMP) Maluku Tenggara Hebat (MTH) rencananya akan beroperasi dalam waktu dekat.
Pernyataan ini di sampaikan Hukubun pada awak media usai mengikuti kunjungan kerja Gubernur Maluku dalam rangka peletakan batu pertama Rumah Sakit Pratama MTH Elat 3/5/23.

Kata Hukubun, KMP. MTH saat ini masih dalam taraf uji kelayakan guna memastikan KMP MTH sudah layak untuk beroperasi atau belum termasuk cara menaikan serta menurunkan kenderaan serta tata cara kerja awak KMP. MTH sendiri.

Perlu di ketahui Kapal KMP. MTH sendiri bersumber dari DAK fisik tahun 2022 yang di peruntukan guna melayani masyarakat Kei Besar Selatan dan Kei Kecil

Lebih lanjut kata dia, KMP. MTH ini memiliki daya tampung penumpang sebanyak 50 orang, sementara kenderaan hanya roda dua dengan kapasitas 15 unit kenderaan.

Hukubun mengatakan untuk operasinya KMP. MTH ini pihaknya akan bekerjasama dengan pihak PT. ASDP Indonesia, berhubung Pemda Malra belum memiliki BUMD dalam mengelola KMP. MTH ini

Olehnya itu Pemda Malra telah menanda tangani MoU dengan ASDP antara Bupati Malra dan Manager bisnis operasi dan layanan regional IV di Makassar, jelas Hukubun.(Saad)