Bawaslu Gelar Rakernis Peningkatan SDM Bagi Anggota Panwascam Se-Kabupaten Malra

Langgur, Lintas-Timur.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Maluku Tenggara menggelar rapat kerja teknis peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), berlangsung di hotel Suita pada Jumat 7/6/24.

Ketua Bawaslu Malra Richardo E.A Somnaikubun mengatakan, rapat kerja teknis (Rakernis) ini di maksudkan guna memberikan penguatan guna peningkatan SDM dalam menghadapi pemilu nanti.

Salah satu yang di persiapkan adalah pemutakhiran data serta penyusunan daftar pemilih dengan melibatkan seluruh anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) se-Kecamatan lingkup Kabupaten Malra.

Selain itu kata Richardo, Rakernis ini dalam rangka penguatan bagi seluruh jajaranya yang berada di tingkat Kecamatan, Desa/Kelurahan, sehingga dalam pengawasan tidak canggung.

Selain itu, dalam Rakernis yang di selenggarakan ini sekaligus menyiapkan tenaga pengawas baik di tingkat Kecamatan serta Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dengan sasaran pemutakhiran data pemilih nantinya.

Di tegaskan, sesuai agenda tahapan pemutakhiran data pemilih akan berlangsung pada 23 Juni 2024 mendatang yang mana sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan merekrut anggota Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP, tegas Richardo.

Lebih jelasnya, kata Richardo setelah PKD di bentuk maka tugas mereka adalah melakukan pengawasan terhadap rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarli), tegasnya.

Secara tegas di sampaikan, dalam pemutakhiran data, pihaknya telah menyampaikan pada seluruh jajaran bagi PKD agar melibatkan diri dalam pemutakhiran data pemilih di tingkat RT/RW pada lingkungan masing-masing, pinta Richardo.

Richardo dalam kesempatan itu menghimbau seluruh masyarakat kiranya bagi pemilih potensial agar menyiapkan dokumen terkait identitas kependudukan serta berkodinasi dengan KPU beserta jajaranya agar terlibat dalam pemilihan Kepala Daerah pada 27 November 2024 mendatang, harapnya.(**)

.