Sen. Sep 16th, 2024

Polda Maluku Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

Ambon, Lintas-Timur.com – Kepolisian Daerah Maluku menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila, 1 Juni 2024. Upacara dihelat di lapangan Polda Maluku Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Sabtu (1/6/2024).

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Brigadir Jenderal Polisi Stephen M. Napiun S.Ik bertindak sebagai Inspektur upacara. Sementara Kompol Novi Sapulete Kabag Pengajaran dan Latihan SPN Polda Maluku, selaku Komandan upacara.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila
dihadiri Irwasda Kombes Pol Marthin Luther Hutagaol S.Ik bersama seluruh pejabat utama dan seluruh personel Polda Maluku.

Pada upacara tersebut Wakapolda Maluku membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi. Ia menyampaikan tema peringatan Pancasila tahun ini yaitu ” Pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia emas”. Tema Ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju mandiri dan berdaulat.

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara,” katanya.

Lahirnya Pancasila merupakan rahmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia. Ini harus disyukuri oleh seluruh rakyat Indonesia karna lahirnya Pancasila menyatu segala perbedaan dalam Bhineka Tunggal Ika.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini saya mengajak seluruh komponen bangsa di manapun berada untuk bahu-membahu membumikan Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah sehingga sampai dengan Saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Sedangkan sebagai leitstart dinamis Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

“Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong-royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan hari Pancasila tanggal 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya.

Related Post