Kapolda Maluku Ikut Upacara Hari Lahir Pancasila yang Dipimpin Presiden

Ambon, Lintas-Timur.com – Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif SH., M.Hum, mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, Sabtu (1/6/2024).

Upacara yang digelar di Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR), Kota Dumai, Riau, diikuti Kapolda melalui live streaming Youtube Sekretariat Kepresidenan. Kapolda mengikuti dari ruang vicon Mapolda Maluku.

Saat mengikuti upacara, Kapolda didampingi oleh Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Stephen M. Napiun, S.I.K, Irwasda Maluku, Kombes Pol Marthin Luther Hutagaol, S.I.K., dan para pejabat utama Polda Maluku.

Presiden dalam amanatnya menyampaikan rasa syukur karena Indonesia tetap kokoh, stabil, dan bersatu di tengah ketidakpastian global dan berbagai krisis. Ia juga menekankan pentingnya optimisme berkat Pancasila yang memandu arah bangsa, serta kekayaan sumber daya manusia dan alam yang dimiliki Indonesia.

“Kita harus terus memperkokoh kemandirian bangsa dan berdaya di bidang ekonomi,” ujar Jokowi.

Presiden juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengaktualisasikan dan mewariskan nilai-nilai Pancasila dalam perilaku nyata dan kebijakan yang memberikan manfaat jelas bagi rakyat.

Mengingat demografi Indonesia yang didominasi oleh generasi Y, milenial, generasi Z, dan generasi alfa, sosialisasi Pancasila harus disesuaikan dengan cara mereka, melalui praktik nyata dan budaya Indonesia.

“Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk terus memegang teguh nilai-nilai Pancasila, menunjukkannya dalam ucapan, perilaku, dan kebijakan yang berpihak nyata kepada seluruh rakyat Indonesia serta menjadikan Indonesia berwibawa di mata dunia,” tegas Presiden.

Upacara ini, tambah Presiden, menegaskan komitmen seluruh elemen bangsa, termasuk jajaran Kepolisian Daerah Maluku, dalam menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai landasan kehidupan berbangsa dan bernegara.