Hadiri 44 Tahun YBK, Kapolda Berikan Piagam Penghargaan Bagi Pengurus Lama

Ambon, Lintas-Timur.com – Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH., M. Hum, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44 Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) yang digelar di Aula Kediaman Dinas Kapolda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Selasa (7/5/2024).

Saat menghadiri acara syukuran, Kapolda pun memberikan piagam penghargaan kepada pengurus YKB yang telah lama memberikan darma bhaktinya, mulai dari sekurang kurangnya 5 tahun tanpa henti.

Kapolda juga memberikan penghargaan kepada tenaga pendidik dan karyawan di lingkungan YKB yang telah memberikan darma baktinya sekurang kurangnya 17, tahun sampai 20 tahun tanpa henti.

Saat memberikan penghargaan dalam peringatan HUT YKB dengan mengusung tema “Yayasan Kemala Bhayangkari mendukung pemerintah dalam melanjutkan program prioritas Kemendikbudristek menuju generasi emas tahun 2045”, Kapolda didampingi sejumlah pejabat utama Polda Maluku.

Kegiatan itu turut dihadiri Ketua Bhayangkari Daerah Maluku dan pengurus Bhayangkari Daerah Maluku, Pakor Polwan Polda Maluku, Perwakilan ASN wanita Polda Maluku, dan Perwakilan guru sekolah Bhayangkari se-kota Ambon.

Ketua Bhayangkari Daerah Maluku, Ny. Evi Lotharia Latif, SH, dalam sambutannya menyampaikan bahwa malam nanti Bhayangkari sudah melalui sejarah panjang, meskipun secara resmi berdiri pada 5 Mei 1980.

Ny. Evi mengatakan, organisasi ini berfokus pada bidang sosial pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, pengurus YKB daerah Maluku telah melaksanakan sejumlah kegiatan dalam rangkaian peringatan HUT YKB ke – 44 tahun. Di antaranya Pimpinan PPYKB memberikan bantuan pembuatan sumur bor guna penyediaan air bersih. Sumur bor ini digunakan oleh 250 kepala keluarga di lorong tahu, kecamatan Sirimau kota Ambon. “Sumur bor ini telah diresmikan pada 20 Maret 2024 dan sudah digunakan masyarakat setempat,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, pengurus YKB Maluku juga telah melaksanakan anjangsana ke panti asuhan Santa Maria.

“Kami juga mengusulkan tanda penghargaan bagi 10 pengurus dan satu tenaga pendidik yang berasal dari pengurus YKB cabang baru di mana semuanya mendapat tanda penghargaan dari PPYKB,” katanya.

Selain itu, Pengurus YKB Maluku juga melaksanakan beberapa lomba di antaranya lomba deklamasi anak, lomba menulis cerita bergambar guru TK, lomba fashion show anak TK. “Kami juga melaksanakan tadarusan di bulan suci Ramadhan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, YKB Maluku juga melaksanakan kegiatan bakti kesehatan seperti pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis yang diikuti oleh 60 peserta. Di antaranya 40 dari Dian Kemala dan Purnawirawan Polri, enam guru-guru TK Kemala Bhayangkari dan Bhayangkari 14 orang disertai dengan pemberian sembako dan Dian Kemala dan Purnawirawan Polri. “Kita juga melaksanakan webinar kesehatan dengan tema deteksi dini dan pencegahan penyakit THT,” sebutnya.

Selain bakti kesehatan, Pengurus YKB Daerah Maluku juga melaksanakan bakti sosial seperti pemberian santunan kepada 20 orang anak yatim dan yatim piatu Polri. “Kami juga memberikan sembako kepada marbot masjid dan tua agama gereja,” ujarnya.

Menurutnya, seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar karena adanya dukungan dan kerja sama serta bantuan dari berbagai pihak. “Pada kesempatan yang baik ini perkenankan saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Maluku selaku penasehat YKB daerah Maluku beserta seluruh staf dan jajaran, Pengurus Bhayangkari dan pengurus yayasan Kemala Bhayangkari daerah Maluku yang juga sebagai panitia penyelenggara HUT ke-44 YKB tahun 2024, dan para ketua pengurus YKB cabang di daerah Maluku beserta para guru daerah Maluku,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, selaku penasehat YKB Daerah Maluku, Kapolda mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari.

“Saya berharap para pengurus YKB daerah Maluku terus menunjukkan eksitensinya dalam memajukan keluarga besar Polri maupun masyarakat dengan cara meningkatkan mutu dan kualitas generasi muda yang ada di Maluku,” harapnya.

Pengurus YKB Maluku juga diharapkan terus dapat memberikan sentuhan positif bagi peserta didik dalam bentuk pendidikan yang sarat dengan nilai nilai Kebhayangkaraan.

“Kegiatan ini sebagai sarana silaturahmi di antara sesama pengurus juga dijadikan momentum untuk introspeksi serta evaluasi terhadap peran dan kiprah organisasi, sehingga ke depannya dapat lebih meningkatkan semangat motivasi serta komitmen pengabdian menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Polda Maluku, lanjut Kapolda, akan terus memberikan support dengan program program YKB, baik dalam bentuk pendidikan maupun program lainnya yang dapat membantu masyarakat di Maluku.

“Kita semua harus bisa menjadi role model bagi anak anak kita, menjadi contoh dan teladan yang menjunjung tinggi nilai kedisiplinan dalam segala hal. Kita tidak ingin generasi penerus bangsa terjerumus dalam arus negatif perkembangan jaman, sehingga berdampak pada munculnya perilaku buruk yang dapat merusak masa depan mereka,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus dan panitia pelaksana atas terselenggaranya acara syukuran peringatan HUT YKB. “Kegiatan ini berjalan dengan tertib lancar dan hikmat. Dirgahayu Yayasan Kemala Bhayangkari yang ke 44 tahun, semoga makin sukses dan maju,” tutup Kapolda.