Sab. Sep 21st, 2024

Mewakili Bupati Buka Forum Lintas Perangkat Daerah, Ubro : Renja Harus Menyerap Aspirasi Masyarakat

Langgur, Lintas-Timur.com – Mewakili Pejabat Bupati, Pejabat Sekertaris Daerah Ir. Nicodemus Ubro membuka kegiatan forum Lintas Perangkat Daerah (LPD) yang bertujuan melakukan penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja) tahun 2025 yang berlangsung di aula kantor Bupati pada Senin 4/3/24.

Ubro yang membacakan sambutan tertulis Bupati berharap, kiranya kegiatan forum Lintas Perangkat Daerah dapat memberikan hasil maksimal dan mampu menampung seluruh aspirasi serta menyerap kebutuhan masyarakat guna Memboboti program perangkat daerah pada Renja 2025 mendatang.

Di tegaskan Ubro, setiap perangkat daerah harus mampu menerjemahkan arah dan kebijakan pembangunan daerah kedalam berbagai kegiatan sehingga Renja 2025 perlu mendapat pembobotan secara maksimal agar pelaksanaan nanti tidak salah kaprah.

Berbagai program dan kegiatan yang telah di alokasikan bagi masyarakat harus di sertai berbagai program dan pendanaan berdasarkan program dan kegiatan perangkat daerah.

Tujuan Renja sendiri guna menjawab serta mewujudkan perencanaan usaha makro maka dalam penyusunan rencana kerja harus sesuai dengan RKPD.

Dengan demikian maka setiap OPD harus mampu mampu memberikan gambaran di level sektoral dalam mewujudkan kebijakan secara umum secara rinci dalam setiap program Renja RKPD.

Ubro tegaskan, setiap arah kebijakan pembangunan daerah dapat terwujud dalam program RKPD yang tertuang dalam Renja sehingga berbagai program dalam Renja harus di jabarkan.

Begitu pula sebaliknya, jika program dan kebijakan tidak terkaver dengan baik maka arah serta kebijakan pembangunan tidak berjalan dengan baik, hal ini di sebabkan setiap sektor berjalan sendiri tanpa berpedoman pada Renja yang telah di buat, tegas Ubro.

Berbagai konsistensi seperti program prioritas, isu aktual daerah, konsistensi penentuan lokasi kegiatan harus sesuai dengan program yang tertuang dalam program RKPD.

Untuk itu kata Ubro, Renja dalam pembahasan dalam forum perangkat daerah sudah barang tentu mengangkat 2 permasalahan utama yakni mengusulkan berbagai program kerja serta memasukan informasih masyarakat yang telah di usulkan melalui Musrenbang pada beberapa waktu lalu.(**)

Related Post