Kam. Sep 19th, 2024

Implementasikan Nilai Kemerdekaan Dengan Program Pembangunan Secara Nyata

Lintas-Timur.com – Kemerdekaan yang di raih Bangsa Indonesia yang di peringati pada setiap 17 Agustus, bukanlah sebuah hadia atau pemberian, namun Kemerdekaan itu di peroleh dengan pengorbanan jiwa dan raga oleh para Pahlawan.

Pernyataan ini di sampaikan Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun saat di undang menjadi Narasumber dalam acara “Indonesia Menyapa Pagi Pada Pro 3 RRI Jakarta” pada 22/8/23.

Pada Kesempatan itu, orang nomor satu Kabupaten Malra ini menegaskan, semangat para Pahlawan dalam merebut Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini harus terus di gelorakan bukan hanya pada peringatan hari Kemerdekaan, namun tetap terpatri dalam setiap sanubari kita dalam melaksanakan aktifitas setiap hari, tegas Thaher.

Puspita Ayu dalam wawancara dengan Bupati Malra tentang semangat Kemerdekaan yang di implementasikan dalam program pembangunan khususnya di Kabupaten yang di pimpin Thaher saat ini, menurutnya harus di wujudkan dalam bentuk pembangunan dan itu adalah Kemerdekaan secara nyata, ucap Thaher pula.

Lebih lanjut kata Thaher, arti Kemerdekaan itu secara implisit adalah terbebas dari kemiskinan, kebodohan serta yang paling terpenting dalam mewujudkan Kemerdekaan adalah harus menentukan nasib sendiri.

Menjadi Kepala Daerah di Kabupaten Maluku Tenggara selama 5 tahun ini telah mengimplementasikan Kemerdekaan dalam bentuk program dan kegiatan di pulau Kei Besar dan Kei Kecil yang sudah di nikmati masyarakat setempat sebagai hadiah Kemerdekaan.

Ada pun program tersebut berupa listrik yang dulunya menyala pada malam hari kini sudah 24 jam, air bersih, koneksitas jaringan seluler 4G, pembangunan jalan hotmix, beber Thaher.

Lebih lanjut di katakan Thaher, dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke – 78 pada 17 Agustus 2023 kemarin Pemerintah Daerah melaksanakan Kirab Merah Putih yang mengelilingi pulau Kei Besar dan daratan Kei Kecil yang di laksanakan pada 12 – 17 Agustus 2023 pagi dan di lanjutkan dengan Upacara peringatan detik – detik Proklamasi.

Namun Thaher mengakui, semua itu dapat terlaksana karena adanya dukungan serta peran aktif TNI dan Polri, seluruh masyarakat, para Steacholder yang turut andil dalam proses tersebut, dan patut di syukuri animo masyarakat terhadap kirab Merah Putih sangat besar.

Thaher mengatakan, tujuan dari Kirab Merah Putih ini adalah bagaimana memberikan edukasi terhadap masyarakat akan cinta Kemerdekaan, selain itu juga perlu menanamkan semangat patriotisme bagi generasi muda akan kecintaan sehingga kemerdekaan ini dapat di isi dengan persoalan yang positif, harapnya.(**)

Related Post