Lintas – Timur.com – Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun beserta Wakil Bupati Petrus Beruatwarin usai memperingati HUT Proklamasi 17 Agustus 23 yang ke – 78, langsung menuju Lapas Kelas IIB Langgur/Tual

Kehadiran Bupati Thaher beserta rombongan Forkompinda ini, guna pemberian remisi bagi warga binaan sebanyak 80 orang yang berlangsung di aula Kelas II B Langgur/Tual pada 17/8/23.

Setibanya Bupati bersama rombong di sambut Kepala Lapas kelas IIB yang di rangkaian dengan suguhan tarian panah yang merupakan kreasi dari warga binaan lapas sendiri.

Usai menyaksikan suguhan tarian panah yang merupakan tarian tradisional sebagai bentuk penghormatan bagi tamu yang datang ke Ohoi/Desa atau tempat tertentu.

Dalam pertemuan tersebut Thaher membacakan sambutan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Yasona Lauli sekaligus menyerahkan langsung surat remisi bagi 2 warga Binaan secara simbolis.

Usai menyerahkan surat remisi bagi warga binaan, dirinya menyampaikan petuah atau nasehat bagi seluruh warga binaan kelas IIB Langgur/Kota Tual sekaligus memberikan bantuan berupa Bola Voly, Meja Badminton serta karpet buat Musola Lapas.

Bersikaplah baik antara sesama warga binaan yang ada di lapas kelas IIB, Langgur/KotaTual, harap Thaher.

Pada kesempatan yang sama bupati mengingatkan kepada para binaan supaya selalu bersikap baik satu dengan yang lain, tanamkan selalu rasa memiliki antar sesama, termasuk Para pegawai lapas sendiri, kerena keberadaan kalian saat ini hanya faktor kehilafan saja, ujar Thaher.

Lanjut Thaher, ini bentuk dari sebuah ujian, maka bagi warga lapas kiranya harus menghadapi dengan sabar, dan belajar bersikap baik, sehingga setelah keluar dari tempat ini dapat berkecimpung dengan keluarga maupun lingkungan di ada berada nantinya.

Perlu di ketahui, jumlah warga binaan lapas Kelas IIB Kabupaten/Kota Tual sebanyak 80 orang yang mendapat surat remisi, yang mana dalam penyerahan remisi itu ada yang mendapat pontongan 1 bulan, 2, bulan, bahkan sampai 5 bulan.(**)