Jum. Okt 18th, 2024

Media Sebagai Saran Efektif Guna Edukasi Masyarakat, Ini Penjelasan Alhamid

Langgur, Lintas-Timur.com – Dalam rangka meningkatkan tata kelola humas ke arah yang lebih baik, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) terkait penguatan konten media sosial serta pemberitaan interaktif dan menarik.

Dalam press release Bawaslu Malra yang di terima media Lintas-Timur.com pada 20/7/24 menjelaskan jika pelaksanaan Rakernis berlangsung pada 19 Juli 2024 yang di buka oleh Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Dr. Djubair M.Si.

Selain itu, tujuan dari Rakernis ini diharapkan Kehumasan Bawaslu dapat memainkan peran dalam mengedukasi masyarakat serta dapat meningkatkan partisipasi kesadaran dalam memilih sekaligus ikut mengawasi pemilu Kepala Daerah serentak tahun 2024 – 2029 nanti.

Rapat Kerja Teknis yang di gelar Bawaslu Provinsi Maluku ini, melibatkan seluruh Bawaslu 11 Kabupaten/Kota di Maluku rencananya akan di laksanakan selama 3 hari kedepan.

Anggota Bawaslu Kabupaten Maluku Tenggara Alwi Al-Hamid mengatakan, Rakernis ini sangat penting sehingga harus melibatkan 2 staf humas Sekretariat Bawaslu Malra.

Lebih lanjut di katakan, dalam rangka peningkatan kesadaran serta partisipasi pemilih, konten media sosial serta media pemberitaan sangat penting, ucap Alhamid.

Selain itu kata Alhamid, media sebagai sarana mengedukasi masyarakat karena memiliki jangkauan yang luas serta mudah di akses dan praktis pula sebagai sarana pengawasan yang cepat dalam memberikan Informasih update.

Untuk itu, dirinya berharap melalui konten serta pemberitaan pihaknya dapat meningkatkan partisipasi masyarakat, namun harus di pahami tren masyarakat saat ini selalu berubah sehingga untuk menyajikan informasi pada masyarakat tentu dengan cara mengedukasi yang baik dan benar, pinta Alhamid.

Kendati demikian kata Alhamid, untuk menghasilkan konten serta pemberitaan media yang benar tentunya tidak semudah membalikan tangan, sehingga perlu peningkatan kapasitas terhadap pengelolaan media, cetusnya.

Untuk mengelola media sosial dan pemberitaan membutuhkan tenaga pengelola yang terampil sehingga dapat menghasilkan karya terbaik dalam memberitakan informasi dari Bawaslu Malra sekaligus bentuk edukasi pada masyarakat, ucapnya.

“Iya berharap, melalui sarana media dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam sekaligus menjadi mata dan telinga Bawaslu untuk menyampaikan informasi menjelang pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024 ini”, pinta Alhamid.

Untuk itu, Alhamid berharap konten serta media pemberitaan sebagai sarana sekaligus memiliki peranan strategis sekaligus media pengawasan pada Pilkada nanti, tegas Alhamid.

Untuk di ketahui, Rakernis Bawaslu ini berlangsung di The City Hotel, dengan menghadirkan narasumber yang berasal dari internal mau pun eksternal Bawaslu di antaranya Abdullah Ely mantan anggota Bawaslu serta Tajudin Buano dari salah satu Media Online.(**)

Related Post