Kam. Sep 19th, 2024

Pemkot Tual Berhasil Raih Predikat WTP Tahun Anggaran 2023 Untuk Ke – 6 Kalinya

Pemkot Tual Berhasil Raih Predikat WTP Tahun Anggaran 2023 Untuk Ke – 6 Kalinya

Tual, Lintas Timur.com – Pemerintah Kota Tual berhasil meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk hasil laporan hasil keuangan (LHP) tahun 2023.

Ketegasan ini sampaikan Pejabat Walikota Tual Ahmad Yani Renuat S. Sos M. Si, MH pada rapat Paripurna penyampaian nota keuangan pertanggungjawaban APBD Kota Tual Tahun 2023, pada hari kamis 4/7/24.

Dikatakan, dengan meraih WTP oleh Kota tahun 2023 ini, merupakan yang ke 6 kalinya terhitung sejak tahun 2018 lalu, cetusnya.

Namun demikian, sekalipun Kota Tual telah mendapat WTP namun harus di pahami dengan adanya predikat WTP lantas kita bebas dari temuan, tegas Renuat.

Renuat mengingatkan, jika temuan yang di sampaikan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia perwakilan Maluku merupakan koreksi terhadap perbaikan pengelolaan keuangan daerah.

Lebih lanjut di katakan, jika ada koreksi dari BPK maka wajib hukumnya kita lakukan perbaikan administrasi sebagaimana di atur dengan perundang -undangan yang berlaku, ucap Renuat.

BPK telah melakukan pemeriksaan dan hasilnya Kota Tual telah menunjukan pengelolaan keuangan yang baik yang cukup signifikan dalam aset serta investasi jangka panjang.

Sementara itu, dirinya mengungkapkan jika ada penurunan terhadap penanganan aset, sehingga hal ini perlu mendapat perhatian serius.

Renuat menegaskan, opini WTP ini, mencerminkan bahwa laporan keuangan Pemkot Tual, telah disajikan secara wajar dalam semua aspek, sesuai dengan standar akuntansi Pemerintah.

Olehnya itu, pencapaian ini juga menunjukan komitmen yang tinggi dari seluruh jajaran Pemerintah Kota Tual, dalam penerapan prinsip-prinsip baiknya tata kelola keuangan, transparansi dan akuntabilitas.

“Kiranya prestasi ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang,” harap Renuat.

Dengan demikian apa yang di kerjakan dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarkat Kota Tual, dalam berbagai aspek pembangunan dan pelayanan publik,” tegas, Renuat.(**)

Related Post