Kam. Sep 19th, 2024

Baznas Kota Tual Salurkan Bantuan Modal Usaha Bagi 15 Orang Pedagang Kecil

Baznas Kota Tual Salurkan Bantuan Modal Usaha Bagi 15 Orang Pedagang Kecil

 

Tual, Lintas-Timur.com – Badan Usaha Amil Zakat(Baznas) Kota Tual menyerahkan bantuan modal usaha yang di peruntukan untuk 15 orang pedagang kecil.

Penyerahan bantuan tersebut di serahkan langsung Baznas Kota Tual yang berlangsung di Sekretariat Baznas Kota Tual jalan Pattimura pada hari Jumat 12)7/24.

Ketua Baznas Kota Tual Moksen Bin Hatim mengawali penyaluran bantuan mengatakan, lembaga ini didirikan oleh Negara guna mengatur penyaluran bantuan termasuk Zakat, Sedekah dan Infaq bagi yang berhak menerima atau yang sering di sebut Mustahi.

Di jelaskan pula, bantuan yang di serahkan ini, merupakan bantuan yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Tual yang beragama Islam, ucap Moksen.

Moksen dalam kesempatan itu berharap, kiranya bantuan modal yang di berikan pada 15 orang Mustahi ini di manfaatkan dengan sebaik – baiknya.

Sangat berdosa kiranya bantuan yang di berikan guna pengembangan usaha, namun di peruntukan untuk kepentingan lain, itu menyalahi bahkan bisa di bilang berdosa, tegas Moksen.

Dirinya pun berharap, bantuan yang di berikan ini kiranya di pergunakan sebagaimana mestinya, sehingga kedepan ada peningkatan dalam berusaha yakni awalnya Mustahiq bisa menjadi Muzaki, pinta Moksen.

Untuk itu Moksen berharap, bantuan yang di berikan ini memang tidak seberapa, namun dapat di kelola dengan baik, serta kedepan pihaknya akan terus memantau kelompok yang telah menerima bantuan ini.

Di tempat yang sama Ketua Bidang Perencanaan program Mohamad Mashuri Kabalmay menegaskan, sebelum penyaluran bantuan ini, Baznas Kota Tual lebih dulu melakukan program makanan sehat bagi anak sekolah.

Selain itu Baznas Kota Tual juga telah menyalurkan bantuan kepada 500 Kepala Keluarga (KK) dalam bentuk bantuan sembako.

Selanjutnya Baznas Kota Tual juga telah memberikan bantuan bagi Mahasiswa yang di katakan tidak mampu, serta penyerahan bantuan modal bagi 15 orang usaha kecil, ungkap Kabalmay.

Bantuan yang di berikan bagi usah kecil ini bukan karena tidak mampu, namun karena kondisi ekonomi yang saat ini di rasakan secara global, bahkan Negara pun mengalami hal yang sama.

Sejak pandemi Covid 19, kondisi ekonomi merosot, sehingga mengharuskan kaum perempuan pun turun tangan dalam mengatasi persoalan rumah tangga, guna membantu suami atau laki, cetus Kabalmay.

Untuk itu Kabalmay sangat berharap, dengan adanya bantuan ini di harapkan menambah modal usaha pas-pasan kedepan dapat di tingkatkan lagi menjadi yang lebih besar.

Perlu di ketahui penyerahan bantuan tersebut di saksikan pengurus Baznas Kota Tual di antaranya :
Ketua Moksen Hatim.
Ketua I bidang penagihan : Hi Sehan Kabalmay
Ketua II Bidang Distribusi : A J Raharusun.
Ketua III Bidang Perencanaan Program. Moh Mashuri Kabalmay.
Ketua IV Bidang Adminstrasi.
Hesty Indriani Fadirubun.(**)

Related Post