Jum. Okt 18th, 2024

Launching Tahapan Pilkada Ajang Sosialisasi Tabob “Bape Dan Merju” Jadi Maskotnya Pilkada

 

Langgur, Lintas-Timur.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Maluku Tenggara, secara resmi me-Launching perdana awal di mulainya tahapan Pemilihan Kepala Daerah secara serentak di 11 Kota dan Kabupaten se-Maluku pada 27 November 2024 mendatang.

Launching Tahapan Pilkada oleh KPU Malra ini di hadiri Pj Bupati Malra beserta seluruh forum komunikasi pimpinan daerah, komisioner KPU Provinsi, Komisioner KPU Malra dan Kota Tual yang berlangsung di Stadion Maren Langgur 29/6/24.

Basuki Rahman Oat mengatakan, kegiatan Launching Pilkada yang di laksanakan pada malam ini, merupakan tahapan Pilkada sekaligus sebagai sarana guna sosialisasi bagi masyarakat.

Menurutnya, secara resmi tahapan pilkada baru Launching malam ini, namun sejatinya agenda ini telah di laksanakan sejak bulan Pebruari 2024 lalu.

Lebih lanjut kata Basuki, untuk saat ini agenda yang sementara di laksanakan KPU Malra adalah pencocokan data pemilih (Pencoklikan) yang di lakukan pendataan oleh petugas pantarlih.

Basuki pada kesempatan itu mengajak seluruh masyarakat Maluku Tenggara, khususnya yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, kiranya dapat berpartisipasi guna menyukseskan pesta Demokrasi dengan aman dan lancar.

Salah satu bentuk partisipasi masyarakat yakni memberikan keterangan yang sebenarnya bagi petugas Pantarlih yang berkunjung ke rumah saat melakukan pendataan, maka perlu memberikan identitas diri berupa KTP dan Kartu Keluarga.

Selain itu bentuk partisipasi lain dari masyarakat adalah, mendatangi TPS pada saat pemungutan suara guna memberikan hak demokrasinya pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati pada 27 November 2024.

Basuki mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan haknya secara demokrasi, jangan sampai Golput, serta hindari kampanye hitam serta menyebarkan berita hoax, pintanya.

Pilkada serentak untuk pertama kalinya di laksanakan secara nasional, KPU Malra meluncurkan sekaligus memberikan penghargaan bagi pemenang lomba desain Maskot Pilkada Maluku Tenggara tahun 2024.

Pada malam Launching tahapan Pilkada serentak oleh KPU Malra sekaligus momentum mensosialisasikan Maskot Pilkada KPU Malra tahun 2024 yakni sepasang penyu Endemik dari Kepulauan Kei dengan sebutan “TABOB”.

Sepasang penyu ini di beri nama Bape dan Marju sebagai bentuk perkenalan Tagline Pilkada Malra tahun 2024-2029 dengan sorotan “Memilih Untuk Maluku Tenggara Maju”.

Malam Launching Pilkada oleh KPU Malra di meriahkan oleh artis Ibukota di antaranya Natalie Houster dan Kesya Levronka yang mengguncang stadion Maren.

Pantauan Media lintas-Timur di stadion Maren, meskipun bumi berjuluk Lar Vul Nga Bal pada malam itu di guyur hujan, namun tidak menyurutkan warga masyarakat guna menyaksikan aksi artis Ibukota.(**)

Related Post