Jum. Sep 20th, 2024

Jelang Hari Raya Qur’ban, Pemda Malra Salurkan 25 Ekor Hewan Qur’ban

Jelang Hari Raya Qur’ban, Pemda Malra Salurkan 25 Ekor Hewan Qur’ban

 

Langgur, Lintas-Timur.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H / 2024 M, menyalurkan 25 ekor Hewan Qur’ban pada 25 Ohoi/Desa.

Bantuan hewan Qur’ban tersebut di serahkan langsung Oleh Pejabat Bupati Maluku Tenggara Drs. Jasmono M.Si secara simbolis, berlangsung di halaman kantor Bupati pada Jumat 14/6/24.

Berdasarkan pantauan media ini, penyerahan bantuan hewan Qurban secara simbolis dan di terima oleh 3 perwakilan Ohoi yakni Ohoi Mataholat Kepala Ohoi/Desa, Ohoi Rat oleh Imam dan Ohoi Wain oleh Kepala Ohoi/Desa.

Penyaluran bantuan hewan Qur’ban oleh Pemerintah Kabupaten Malra 1445 H berbeda dengan Idul Adha 1444 H tahun 2023, karena tahun ini semua Hewan Qurban dalam bentuk Sapi sementara pada tahun lalu bercampur dengan Kambing.

Hewan Qur’ban yang di salurkan ini di harapkan dapat memberikan kebahagiaan bagi umat muslim agar ikut merasakan kebahagiaan dan saling berbagi.

Idul Adha atau Idul Qur’ban dapat menyadarkan akan makna jika harta yang kita miliki bukanlah mutlak milik kita semata dan sesungguhnya adalah titipan dari Allah SWT yang di dalamnya adalah ada hak orang lain.

Idul Adha atau Idul Qur’ban memiliki makna tersendiri, sebagaimana di kisah oleh Nabi Ibrahim AS, saat menjalankan perintah Allah untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail as, yang di gantikan dengan se-ekor Qibas dan menjadi peletak dasar dalam rukun Islam yakni Ibadah Haji dan di Imani Umat Muslim hingga saat ini.

Hadir dalam penyerahan bantuan tersebut, Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. Nicodemus Ubro M.Si dan sejumlah Organisasi perangkat Daerah (OPD) serta para penerima bantuan hewan Qurban dari 25 Ohoi.(**)

Related Post