Jum. Sep 20th, 2024

Pawai Obor Malam Taqbir, Bagian Dari Kegembiraan Menyambut Datangnya Hari Kemenangan

Tual, Lintas-Timur.com – Setelah sebulan lamanya berpuasa menahan diri dari segala godaan, kini saatnya memasuki hari kemenangan yang di tandai dengan pawai malam Taqbiran menggunakan obor.

Pelaksanaan pawai Obor tersebut di lepas Pejabat Walikota Tual Ahmad Yani Renuat S.Sos,M.Si MH, di hadiri Forkopimda, Pj Sekda, Ketua FKUB, Ketua Klasis Kei Kecil, Pastor dengan melibatkan seluruh OPD yang berlangsung di halaman kantor Walikota Tual Selasa 9/4/24.

Renuat dalam kesempatan itu mengajak seluruh peserta pawai obor untuk tidak henti-hentinya bersyukur kehadirat Allah SWT, atas berkenanya dapat mengumpulkan kita dibtempat ini.

Pawai Obor yang di laksanakan ini merupakan wujud kegembiraan kita khususnya Umat Islam di Kota Tual yang telah melewati masa perjuangan selama sebulan penuh, dan kembali menjadi Fitri.

Renuat katakan, kesabaran dalam menjalankan ibadah puasa serta tetap Istiqomah dalam menjalankan amanah sesuai ketentuan Allah SWT, serta di dukung oleh sistim penjagaan dari saudara-saudari umat Kristiani, Budha, Hindu, dan Kong Hutcu di daerah ini.

Kegembiraan secara kolektif bersama pelaksanaan pawai Obor ini memiliki makna yang sangat penting dalam rangka membangun solidaritas kebersamaan yang memiliki kekuatan adat yang mengakar di daerah ini.

Melalui kegiatan pawai obor ini pula dapat memupuk kebersamaan dan persaudaraan Duma mencapai pembangunan secara adil, tegas Renuat.

“Bagaiman kita dapat mencapai pembangunan secara adil dan merata kalau tidak adanya persatuan, maka dengan adanya pawai obor ini menjadi instrumen pemersatu bangsa dalam bingkai ragam dan budaya sesuai karakteristik yang ada di daerah.

Olehnya itu Renuat meminta kiranya dalam pelaksanaan ini tetap menjaga stabilitas keamanan selama proses pawai obor berlangsung hingga pelaksanaan Sholat Idul Fitri berlangsung dengan, pintanya.(**)

Related Post