Jum. Okt 18th, 2024

“Bimtek BMN Guna Peningkatan” Kapasitas, Mustakim : Kelola BMN Layaknya Barang Sendiri

Langgur, Lintas-Timur.com – Dalam rangka peningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Badan Milik Negara (BMN) pada lingkup Badan Pengawas Pemilu gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) yang berlangsung di Ambon.

Dalam press release Humas Bawaslu Malra yang di terima Media Lintas-Timur.com pada Sabtu 20/7/24, kegiatan Bimtek tersebut berlangsung selama 2 hari sejak 19-21 Juli 2024 dengan melibatkan seluruh pegawai BMN serta Kepala Sekretariat dan koordinator Sekretariat Bawaslu se – Kabupaten dan Kota Provinsi Maluku.

Tujuan dari Bimtek tersebut guna meningkatkan kapasitas pengelolaan serta penata kelolaan Barang Milik Negara yang di kelola oleh setiap Sekretariat Bawaslu termasuk Kepala Sekretariat Bawaslu Malra bersama 2 orang stafnya.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Malra Mustakim A.S. Hasyim kehadiran bersama staf pada kegiatan Bimtek tersebut sangatlah penting adanya.

Menurutnya, BMN yang ada dalam lingkup Bawaslu Kabupaten Malra harus dan seyogianya di kelola dengan baik sebagaimana di atur dalam perundang – undangan yang berlaku, ujarnya.

Dengan dasar itulah, para pengelola BMN harus dan mampu memiliki kapasitas yang mampuni guna mengelola BMN secara baik dan benar.

Mustakim menegaskan, melalui kegiatan ini sekaligus ajang guna meningkatkan kapasitas para pegawai pengelola BMN agar semua barang yang kami kelola milik MBN pada Sekretariat Bawaslu Malra tetap terjaga dengan baik dan benar.

Dirinya menyebutkan, jika dengan pelaksanaan Bimtek ini sangat terbantukan karena para narasumber berasal dari kantor pelayanan kekayaan Negara dan lelang serta para praktisi IT, ujarnya.

Salah satu yang terpenting kata Mustakim, terhadap pemanfaatan dan pengelolaan BMN ini adalah penggunaan aplikasi E- Best serta penginputan intervensi BMN secara langsung dalam ruang pengelola BMN.

“Iya menegaskan, dengan pelaksanaan Bimtek ini memang sangat terbantukan dalam memahami pengelolaan penata usaha BMN secara luas.

Olehnya itu, dengan pelaksanaan Bimtek ini, di harapkan para pengelola BMN dalam Sekretariat akan lebih baik lagi dalam memahami tata cara pengelolaan BMN yang di kelola oleh Bawaslu Malra, tegas Mustakim.

Kendati demikian kata Mustakim, dalam pengelolaan BMN hanya sebatas penggunaan saja namun selayaknya di perlakukan sebagaimana barang milik sendiri dengan arti merawat dan memelihara dengan baik pula, pinta Mustakim.(**)

 

Related Post