Kam. Sep 19th, 2024

Peran Pantarlih Penting, Pastikan Data Pemilih Valid, Ini Penjelasan Pj Sekda Malra

Langgur, Lintas-Timur.com – Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) memiliki peranan yang sangat penting dalam menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati periode 2024-2029 mendatang.

Ketegasan ini di sampaikan Pejabat Bupati Maluku Tenggara dalam sambutanya yang di bacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Nicodemus Ubro, pada Pelantikan dan Pengambilan sumpah janji petugas Pantarlih yang berlangsung di gedung Katolik Centre pada Senin 24/6/24.

Ubro dalam sambutanya mengatakan, petugas Pantarlih dalam mengembantugas ini merupakan pengabdian yang sangat mulia, di samping itu Pantarlih memiliki peranan penting dalam memastikan data pemilih secara valid dan akurat.

Untuk itu Pantarlih dalam mengemban amanah ini membutuhkan sebuah komitmen serta jujur, oleh karena itu dalam pemutakhiran data pemilih harus di laksanakan secara profesional dan penuh rasa tanggung jawab, ujar Ubro.

Lebih lanjut kata Ubro, selaku petugas Pantarlih, harus meninggalkan segala kepentingan pribadi dan terjun langsung ke lapangan dalam memastikan sesuai data, sehingga tidak terjadi keluhan warga jika telah memenuhi syarat sebagai pemilih.

Di katakan, keberhasilan serta kesuksesan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah nanti tergantung kinerja petugas Pantarlih dalam mendata warga yang memiliki hak memilih.

Ubro juga meminta petugas Pantarlih tetap menjaga netralitas serta independensinya, jangan melibatkan kepentingan pribadi dalam melaksanakan tugas selaku Pantarlih.

Untuk itu Ubro berharap, kiranya 366 anggota Pantarli yang tersebar di 192 Ohoi/Desa dapat menjalankan tugasnya dengan baik, sehingga pada akhirnya akan melahirkan pemimpin yang benar-benar lahir dari keinginan rakyat, pintanya.(**)

Related Post