Jum. Sep 20th, 2024

Jasmono : Dalam Sejarah Tidak Pernah Ada Konflik Menguntungkan Satu Pihak

Langgur, Lintas-Timur.com – Pejabat Bupati Maluku Tenggara Drs. Jasmono M.Si, menghadiri penyelesaian konflik antar Pemuda Ohoijang dan Watdek yang berlangsung di perbatasan kedua wilayah pada Sabtu 15/6/24.

Atas nama Pemerintah Daerah mengapresiasi serta salut terhadap warga kedua belah pihak yang menyelesaikan permasalahan ini secara rukun dan tentu menjadi suatu pembelajaran sebagaimana di lakukan oleh para leluhur dahulu, cetus Jasmono.

Jasmono mengatakan, selaku masyarakat adat yang menghormati serta menjunjung tinggi nilai para leluhur, maka jika hendaknya menyelesaikan setiap perselisihan dengan harus dengan cara yang terlihat hari ini.

Tidak pernah ada dalam sejarah di dunia maupun bangsa ini, jika ingin menyelesaikan setiap persoalan dengan cara kekerasan yang hanya dapat menguntungkan satu pihak.

Namun, jika setiap persoalan dapat terselesaikan dengan cara yang elegan seperti ini maka tentu kemenangan bagi saudara kita semua khususnya Ohoijang dan Watdek, karena lebih dari itu adalah lebih mempererat tali persaudaraan, karena setiap konflik pasti kerugian ada pada dua belah pihak, cetus Jasmono.

Lebih lanjut kata Jasmono, perdamaian ini menjadikan pelajaran yang sangat berharga dalam karena segala upaya yang di lakukan dengan melibatkan Pemerintah Daerah, TNi dan Polri, Camat, tokoh Agama, tokoh masyarakat serta tokoh Adat dan pemuda dalam rekonsiliasi ini

Kalau Daerah ini kita sudah aman serta dapat menjaga ketertiban wilayah ini, maka yakinlah bahwa pasti Maluku Tenggara dan Kota Langgur akan maju dan sejahtera, cetusnya.

Dalam kesempatan itu, Jasmono mengajak semua pihak untuk tetap menjaga kondisi wilayah tetap kondusif serta dapat menyelesaikan setiap persoalan dengan cara cinta kasih dan penuh rasa kekeluargaan, dan lokasi perbatasan akan menjadi saksi atas perdamaian ini.(Yani)

Related Post