Jum. Sep 20th, 2024

Pererat Hubungan Silaturahmi, Pemda Malra Salurkan Hewan Qur’ban, Ini Penegasan Jamono

Pererat Hubungan Silaturahmi, Pemda Malra Salurkan Hewan Qur’ban, Ini Penegasan Jamono

Langgur, Lintas-Timur.com – pejabat Bupati Maluku Tenggara Drs. Jasmono M.Si secara resmi menyerahkan hewan kurban kepada masyarakat, sebagai bentuk kepedulian sosial yang bertempat di Kantor Bupati, 14/6/24.

Bantuan tersebut bertujuan untuk menyambut datangnya Hari Raya Qurban atau dalam islam sering disebut Hari Raya Idul Adha, sekaligus mempererat tali persaudaraan juga gotong royong antar sesama umat muslim.

Hari Raya idul adha bukan hanya kegiatan penyembelihan hewan qurban biasa, tetapi termasuk ibadah, dan ini memiliki pondasi yang kuat, juga sejarah dan ajaran penting yang sudah diajarkan di dalam islam sejak dahulu.

Praktik qurban telah diceritakan, diajarkan secara baik dan benar oleh para nabi dan rasul hingga Nabi Muhammad SAW, tidak lupa Nabi lbrahim AS dikenal sebagai
peletak batu pertama ibadah ini, Peristiwa penyembelihan yang
dilakukan Nabi Ibrahim AS terhadap putranya Nabi lsma’il AS merupakan dasar bagi adanya ibadah kurban.

Jasmono menegaskan, momen ini dapat memberikan kesadaran kepada kita, bahwa harta yang dimiliki setiap insan tidaklah mutlak milik kita, karena semua itu hanyalah titipan semata dan terdapat hak orang lain di dalamnya.

Selain itu, melalui kesempatan yang baik ini, kita mampu menyingkirkan jarak pemisah, antara yang sanggup dan tidak sanggup agar bisa hidup berdampingan, saling tolong menolong dengan penuh kedamaian dan semoga kita memiliki ke ikhlasan yang lebih baik dalam menjalankan perintah Allah SWT, pintah Jasmono.

Selain itu, melalui kegiatan penyerahan hewan Qurban ini, dapat tercipta hubungan baik dan harmonisasi antara pemerintah dan masyarakat, tidak lupa menjadi contoh baik oleh instansi-instansi dan perusahaan-perusahaan yang ada di kabupaten maluku tenggara agar turut berpartisipasi dan mengambil bagian.

Jasmono berharap, pelaksana atau pihak-pihak yang yang bertanggung jawab atas pembagian daging Qurban agar dibagikan kepada orang yang berhak menerimanya yakni utamakan para kaum dhuafa atau fakir miskin.(Yani)

Related Post