Direktif Kapolda Maluku ke Satbrimob : Jaga disiplin dan soliditas

Ambon, Lintas-Timur.com – Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif SH., M.Hum melalui sarana zoom meeting, memberikan pengarahan kepada para Kapolres jajaran dan seluruh perwira Satuan Brimob Polda Maluku, Kamis pagi (6/6/2024).

Kepada para Kapolres dan perwira Satbrimob Polda Maluku, Kapolda menekankan untuk selalu menjaga disiplin, serta meningkatkan dedikasi dan loyalitas serta mencegah terjadinya pelanggaran anggota baik kode etik, disiplin atau pidana.
Tingkatkan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan Kapolres selaku kasatwil dalam kesatuan operasional dasar Polri di daerah masing masing.

“Jaga disiplin, serta tingkatkan dedikasi dan loyalitas,” tegas Kapolda yang didampingi Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Stephen M. Napiun Sik di Posko Presisi, Mapolda Maluku, Kota Ambon.

Kegiatan tersebut ikut dihadiri oleh Irwasda Maluku Kombes Pol Marthin Luther Hutagaol Sik, Kepala Biro SDM Polda Maluku Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang Sik, Kabid Propam Polda Maluku dan Dansat Brimob Polda Maluku.

Kepada Kapolres dan perwira Satbrimob, Orang nomor 1 Polda Maluku ini meminta agar dapat melakukan kegiatan-kegiatan Pembinaan Rohani dan Mental (binrohtal) guna mengantisipasi potensi-potensi terjadinya penyimpangan oleh anggota.

“Tingkatkan terus kemampuan diri,” pintanya mengingatkan. Untuk itu
Kapolda juga telah memerintahkan Dansat Brimob untuk mendorong anggota Brimob baik tamtama ,bintara dan Perwira untuk mengembangkan kompetensi dan mengikuti pendidikan sarjana di Universitas yang telah bekerja sama dengan Polda Maluku.
Kepada seluruh unsur pimpinan, Kapolda juga meminta agar bisa melaksanakan pengawasan dan pengendalian di setiap kegiatan operasional kepolisian . Selanjutnya juga diharapkan dapat melakukan pengawasan melekat terhadap perilaku anggota dalam pelaksanaan tugas sehari-hari agar terhindar dari pelanggaran kode etik, disiplin maupun pelanggaran hukum lainnya.
Kapolda juga memerintahkan para Kapolres untuk melakukan komunikasi dan pelatihan bersama dengan satuan brimob di wilayahnya masing masing dan menjaga sinergitas dengan TNI dan Pemda setempat.
“Tingkatkan sinergitas dan hubungan baik dengan satuan-satuan TNI dan Pemda di wilayah masing-masing,” pungkas Kapolda.(**)