Gelar program “Bakumpul Bacarita” Bersama POM TNI, Kapolda: Tingkatkan Disiplin,Integritas dan Soliditas

Ambon, Lintas-Timur.com – Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Maluku menggelar acara “bakumpul bacarita” atau berkumpul bercerita bersama Satuan Polisi Militer (POM) TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU).

Kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat kerjasama, sinergitas dan soliditas di antara TNI dan Polri ini dilaksanakan di gedung sport center Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Kamis (30/5/2024).

Bakumpul bacarita dihadiri langsung oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif SH., M.Hum. Turut hadir Irwasda Maluku Kombes Pol Marthin Luther Hutagaol Sik bersama pejabat utama Polda dan para Komandan POM dari masing-masing matra TNI di Maluku.

Kapolda Maluku dalam sambutannya berharap, kegiatan ini jangan dianggap hanya seremonial semata, namun dapat dijadikan sebagai sarana mempererat dalam pelaksanaan tugas secara bersama di lapangan.

“Saya menyampaikan apresiasi melalu kegiatan ini kita bisa bertatap muka bersama dan salung memberikan informasi dalam tugas . Perlu kita pahami juga bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari apa yang sudah dilaksanakan oleh Mabes Polri dan Mabes TNI,” katanya.

Kegiatan ini, lanjut Kapolda, bukan sekadar bakumpul bacarita namun menjadi sarana yang sangat strategis untuk mendukung tugas-tugas di lapangan sesuai tupoksi dan peran masing-masing instansi yang sudah diberikan negara.

Orang nomor 1 Polda Maluku ini juga berharap Propam Polda Maluku dan POM TNI dapat mendukung program nasional yang telah dicanangkan pemerintah. “Sebab tanpa dukungan kita bersama maka agenda nasional yang telah dicanangkan pemerintah tidak akan dapat berjalan baik dan maksimal. Mari kita tingkatkan integritas, soliditas dan disiplin kita selaku insan TNI Polri yang profesional,” pintanya.

Kapolda mengaku, Propam Polri dan POM TNI adalah penjaga dan penegak displin ,kode etik dan hukum di masing2 instansi. Sebagai penegak hukum Kapolda mengingatkan untuk melakukan giat pencegahan dan pembinaan hukum serta menegakkan hukum secara transparan dan berkeadlian . “Kita sebagai penegak hukum harus malu jika kita melanggar hukum,” pinta Kapolda.

Dalam pelaksanaan tugas di satuan masing-masing, Propam Polda dan POM TNI diminta untuk selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan baik. “Apabila ada permasalahan di lapangan antar anggota dari satuan masing-masing maka segera diselesaikan dengan cepat dan tuntas,” harapnya.

Bidpropam Polda dan POM TNI juga diharapkan dapat memberikan informasi apabila terdapat pelaksanaan operasi bersama TNI di lapangan. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya permasalahan akibat miskomunikasi saat pelaksanaan operasi.

Kepada seluruh personel POM TNI dan Propam Polda, Kapolda menekankan untuk senantiasa tetap menjaga menjaga persaudaran, kerukunan dan profesionalisme dalam tugas. “Kita ini adalah satu keluarga besar dan tujuan kita ini satu menjaga kamtimbas dan kedaulatan NKRI. Yang membedakan kita hanya atribut ,seragam dan baret kita ,namun sesungguhnya kita adalah satu kesatuan dalam bingkai NKRI, untuk mewujudkan Indonesia yang maju Indonesia yang berkeadilan,” ungkapnya.

Irjen Latif juga mengingatkan bahwa di zaman digital saat ini, para personel harus dapat menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memberikan edukasi yang positif. “Sampaikan kepada seluruh anggota yang ada di jajaran dan keluarga kita masing-masing agar jangan sampai salah dalam Bermedsos sebab dampak dan bahayanya sangat besar khususnya pada instansi dan kesatuan masing-masing. Saya berharap para komandan baik dari POM TNI maupun Propam dapat melaksanakan patroli cyber dalam rangka pencegahan terhadap anggota kita,” pintanya.

Untuk diketahui, pada kegiatan bakumpul bacarita tersebut, Kapolda Maluku juga menyerahkan cendramata sebagai kenang-kenangan kepada Komandan POM Kodam XV/Pattimura, Komandan POM Lantamal IX/Ambon dan Komandan POM Lanud Pattimura Ambon.