DPP Gerindra Menghendaki Kadernya Sebagai Wakil Bupati, Efruan : Tentu Berdasarkan Survei Elektoral

Langgur, Lintas-Timur.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Maluku Tenggara menyatakan kesiapannya dalam menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati 2024-2029 mendatang.

Pernyataan ini di sampaikan Ketua DPC Gerindra Albert Efruan kepada awak media dalam konprensi pers yang berlangsung di restoran Vaganza pada Selasa 28/5/24.

Berbagai tahapan dalam proses sejak pendaftaran yang di lakukan oleh tim penjaringan yang telah selesai beberapa waktu lalu, dan menerima 5 balon Bupati yang akan mengikuti proses selanjutnya.

Usai pendaftaran nanti, maka selanjutnya adalah tahapan fit and propertes bagi bakal calon yang rencananya berlangsung di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra yang di laksanakan pada tanggal 3-5 Juni 2024 mendatang di Ambon.

Lebih lanjut kata Efruan, sebagaimana arahan Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Partai besutan Prabowo Subianto ini telah menginjak usia 16 tahun dalam proses perpolitikan di Indonesia.

Untuk itu DPP telah menginstruksikan agar setiap DPC Gerindr di seluruh Indonesia untuk menyiapkan kader terbaik dari DPC untuk mengambil bagian dalam kontestasi sebagai calon Bupati mau pun calon Wakil Bupati, ucap Efruan.

Efruan menegaskan, dalam struktur kepengurusan DPC Gerindra Kabupaten Malra mendekati 20 orang hanya 3 orang anggota yang tercatat sebagai Kader yang telah mengikuti pengkaderan di hambalang, yakni dirinya selaku Nahkoda, kemudian Sekertaris Partai Wilibrodus Leftew serta wakil ketua Abraham Beruatwarin.

Olehnya itu sebagai mana anjuran DPP Gerindra agar setiap kader di DPC yang telah menjadi anggota DPRD agar menyiapkan diri untuk maju sebagai Calon Bupati atau Wakil Bupati pemilihan Kepala Daerah pada tahun 2024-2029 mendatang, ungkap Efruan.

Kendati demikian kata Efruan, selaku Kader jika instruksi DPP menghendaki agar Ketua DPC maju sebagai Calon Wakil Bupati maka sudah pasti akan selalu siap dalam segala kemungkinan.

Begitu pula Sekertaris Wilibrodus Leftew dan Wakil Ketua Abraham Beruatwarin yang juga memenuhi syarat karena terlepas sebagai anggota DPRD aktif mereka juga telah mengikuti pengkaderan, maka dalam setiap kemungkinan selalu siap, tegas Efruan.

Berdasarkan petunjuk teknis (juknis) dari DPP yang harus di laksanakan oleh DPC adalah pembukaan pendaftaran oleh tim penjaringan terhadap 5 balon yang telah mendaftar, maka akan di lakukan juga survei oleh DPP.

Hal ini kata Efruan, untuk dapat memastikan tingkat elektabilitas dari 5 balon yang telah mendaftarkan diri, siapa yang tertinggi, termasuk kader Partai Gerindra itu sendiri, sebagai balon Wakil Bupati, karena memang di antara kader ini tidak ada yang mendaftar sebagai Balon Bupati.

Secara tegas di sampaikan jika nanti dari 5 balon yang mendapatkan rekomendasi, lantas tingkat kesukaan kader juga terhadap publik semakin tinggi berdasarkan survei maka wajib hukumnya harus mengambil wakil dari kader Gerindra sebagaimana arahan DPP untuk seluruh DPD dan DPC bebernya.

Namun DPC Gerindra mutuskan kader yang maju tentu melihat perimbangan wilayah, jika calon Bupatinya dari Kei Besar maka wakilnya harus kader dari wilayah Kei Kecil, begitu pula sebaliknya.

Kendati demikian, jika memang kader Gerindra dalam hasil survei tidak memenuhi harapan maka sudah barang tentu tidak bisa di paksakan, karena tujuan dari pencalonan ini adalah bagaimana partai bisa mencapai kemenangan, ucap Efruan.

Olehnya itu, dalam proses tentu dari aspek geografis kewilayahan juga yang harus menjadi pertimbangan, dan DPP pun sangat mengetahui terkait apa yang menjadi tujuan partai nanti.

Di tempat yang sama Sekretaris partai DPC Gerindra Wilibrodus Lefteu dengan tegas menyatakan kesikapnya untuk maju sebagai balon Wakil Bupati.

Langkah yang di ambil Lefteu ini sebagaimana tuntutan partai yang menghendaki kader internal DPC untuk selalu siap jika di minta maju sebagai balon Wakil Bupati periode 2024-2029.

Leftew juga sangat optimis jika hasil survei nanti dirinya akan menang telak survei di wilayah Kecamatan Kei Kecil dan sebagai bukti keseriusanya telah memasang alat peraga seperti baleho.

Sementara Abraham Beruatwarin juga mengatakan, selaku kader partai, jika kehendak partai yang menginginkan dirinya maju sebagai balon Wakil Bupati maka tentu akan selalu siap, jika itu perintah DPP.(**)