Hadiri HUT Kodam XV/Pattimura, Kapolda Maluku: Sinergitas untuk Maluku yang Aman dan Sejahtera

Ambon, Lintas-Timur.com – Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif SH., M.Hum menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 67 Kodam XV/Pattimura.

Saat menghadiri kegiatan tersebut, Kapolda kembali menunjukkan sinergitas dan soliditas di antara TNI dan Polri. Ia ikut memeriahkan HUT Kodam dengan melantunkan 1 tembang lagu berjudul Malele.

Acara syukuran HUT Kodam XV Pattimura sendiri dirangkai dengan peresmian peralihan nomenklatur Kodam XV Pattimura. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Slamet Riyadi, Markas Korem 151/Binaiya, Kota Ambon, Senin (27/5/2024).

Sebelum menyumbangkan sebuah lagu lokal dari Maluku ini, Kapolda pertama-tama menyampaikan Dirgahayu ke 67 tahun kepada Kodam XV Pattimura.

Kapolda mengaku peralihan nomenklatur Kodam XVI ke Kodam XV Pattimura sempat diberitahukan Pangdam sebelumnya Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa.

“Saya mengikuti proses ini, waktu Pak Ruruh (Mantan Pangdam) pernah menyampaikan kepada saya bahwa akan ada penyesuaian kembali hari ulang tahun Kodam XV Pattimura, dan saya sangat mendukung sekali,” kata Kapolda.

Orang nomor 1 Polda Maluku ini mengaku peralihan Kodam XV Pattimura bukan pekerjaan biasa, sehingga perlu mendapatkan apresiasi yang tinggi.

“Tidak mudah memberikan penjelasan dan mengembalikan Kodam sesuai dengan sejarah berdirinya, dan kita patut memberikan apresiasi kepada Pangdam dan jajaran,” pinta Kapolda sembari mendapatkan tepuk tangan dari seluruh tamu undangan yang hadir.

Kapolda mengatakan, acara syukuran HUT Kodam XV Pattimura hari ini dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat. “Saya bekerja dengan Panglima tidak akan berhasil apabila tidak mendapatkan dukungan dan peran aktif para tokoh masyarakat,tokoh agama dan tokoh pemuda dalam menjaga dan menciptakan rasa aman dan damai di Maluku ini,” katanya.

Ia mengatakan, Kodam XV memiliki program unggulan Basudara Pattimura, sementara Polda Maluku mempunyai Basudara Manise. “Program-program ungulan ini sebenarnya merupakan salah satu wujud Kami untuk menjaga Maluku ini agar menjadi daerah yang aman, damai dan sejahtera,” jelasnya.

Kapolda juga mengajak Forkopimda Maluku dan seluruh elemen masyarakat agar dapat terus bersinergi dalam mewujudkan wilayah ini yang aman dan kondusif.

“Lawamena Haulala Maju Terus Pantang Mundur, Salawaku Emarina Maluku aman rakyat sejahtera,” pungkasnya.

Kapolda juga mengajak Danlanud Pattimura, Kabinda Maluku, Perwakilan Danlantamal IX dan juga Kapolda Maluku Utara untuk tampil bersama-sama menyanyikan lagu sebagai kado ulang tahun bagi Kodam XV Pattimura.