Kepala OPD Malra Banyak Mendadak Berangkat Jakarta, Raharusun Bilangnya Begini

Langgur, Lintas-Timur.com – Di sinyalir Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Maluku Tenggara mendadak berangkat ke Jakarta mendampingi Pejabat Bupati Maluku Tenggara.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Diskominfo) Kabupaten Malra Antonius W. Raharusun membantah jika Isyu itu tidak benar adanya.

Melalui via telepon seluler, pada 18/5/24 kepada awak media Raharusun membantah jika semua OPD Malra berangkat ke Jakarta secara mendadak tanpa ada rencana sebelumnya.

Di katakan, ada 2 poin yang perlu di klarifikasi sehingga tidak terjadi interpretasi publik terkait keberangkatan OPD bersama dengan Pejabat Bupati ke Jakarta.

Harus di pahami jika anggapan publik terkait keberangkatan OPD tanpa perencanaan sebelumnya itu sangat keliru karena hal ini telah di rencanakan sejak 6 Maret 2024 lalu.

Selain itu, tidak semua OPD yang berangkat, hanya Kepala OPD yang bersentuhan langsung dengan laporan evaluasi Pejabat Bupati untuk di sampaikan pada tim evaluasi Menteri Dalam Negeri di Jakarta.

Hal ini di maksudkan guna menjawab surat yang di layangkan Mendagri nomor : 800.1.14/748/IJ tanggal 6 Maret 2024 yang di tujukan pada Pejabat Bupati dan Walikota yang namanya terlampir, beber Raharusun.

Raharusun mengatakan, berdasarkan surat tersebut maka Pejabat Bupati Maluku Tenggara di jadwalkan untuk mengikuti evaluasi pada tanggal 21 Mei 2024 pada hari Selasa nanti bersama 5 Kabupaten dan Kota lainya yang telah di jadwalkan.

Lebih lanjut di katakan, pada hari yang telah di jadwal dari 5 Kabupaten Kota tersebut Malra mendapat giliran pertama setelah itu Kota Pare-Pare, Kota Tual, Kabupaten Lebak dan terakhir kota Kediri, beber Raharusun.

Dalam keterangan sejumlah OPD yang berangkat Jakarta ini sekitar 12 Kepala OPD, yang sebelumnya telah Asesmen dengan tim laporan evaluasi kinerja bahkan mengawali dengan via zoom pada hari Rabu 15/5/24 sekitar pukul 17.00 dengan inspektoran Dalam Negeri, cetus Raharusun.

Lebih lanjut kata Raharusun, sesuai jadwal evaluasi Pejabat Bupati pada hari Selasa, pada 21 Mei 2024, namun sebelum evaluasi akan di laksanakan rapat di mess Maluku pada hari Minggu 19 mei 2024 bersama pejabat Bupati Malra.

Di katakan, keberangkatan OPD ini bersama dengan Pejabat Sekertaris Daerah Ir. Nicodemus Ubro, namun di sayangkan saat keberangkatan ini Kota Tual pun sama, namun kenapa hanya Malra saja yang menjadi sorotan, pungkas Raharusun.(**)