Kam. Sep 19th, 2024

“55 Anggota PPK Malra Dilantik”, Basuki : PPK Harus Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Langgur, Lintas-Timur.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Tenggara Basuki Rahman Oat secara resmi melantik 55 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tahun 2024 se-Kabupaten Malra berlangsung di balai room Aurelia hotel Kimson kamis 16/5/24.

Turut hadir Pejabat Bupati Maluku Tenggara yang di wakili Sekertaris Daerah Ir. Nicodemus Ubro serta Forkopimda, 4 komisioner serta Pimpinan Partai Politik.

55 anggota PPK ini akan bertugas membantu KPU dalam setiap proses tahapan penyelenggaraan pemilu yang berlangsung di 11 Kecamatan.

Basuki dalam sambutanya mengatakan, tantangan yang di hadapi oleh PPK adalah bagaimana berupaya meningkatkan peran serta partispasi dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2024 ini.

Perlu di ketahui, partisipasi dalam penyelenggaraan pemilu di Indonesia sebanyak 81,86 % sementara di Malra sendiri berada pada angka 81.28% sehingga ini menjadi tugas PPK guna meningkatkan peran serta partisipasi pada Pilkada mendatang, pinta Basuki.

Basuki mengatakan, dalam meningkatkan formulasi pada jumlah pemilih bukan hanya menjadi tanggung jawab KPU saja, melainkan juga Bawaslu, Pemerintah Daerah serta partai politik peserta pilkada, lebih khusus masyarakat yang menjadi faktor dominan.

Lanjut Basuki, untuk meningkatkan tingkat partisipasi para pemilih tergantung pada seberapa banyak masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya pada tanggal 27 November 2024 mendatang, tegasnya.

Menurutnya, dalam proses perjalanan penyelenggaraan nanti akan di masifkan sosialiasi, namun dalam pelaksanaan kerjanya akan berjalan sesuai prosedur namun informasi terkait proses pemilu sebagai corongnya KPU, PPK harus di tingkat pada Kecamatan, Desa dan Kelurahan, cetus Basuki.(**)

Related Post