Peringati Hari Pattimura ke 207 Tahun, Kapolda : Jaga semangat Pattimura untuk membangun Maluku

Ambon, Lintas-Timur.com – Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif SH., M.Hum menghadiri upacara peringatan hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura yang ke 207 tahun. Upacara tersebut dilaksanakan di lapangan Pattimura Park, Kota Ambon, Rabu (15/5/2024).

Bertindak sebagai inspektur upacara peringatan hari Pattimura yaitu Penjabat Gubernur Maluku Ir. Sadali Ie M.Si.

Turut hadir dalam upacara yakni Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, Pj. Walikota Ambon, maupun para unsur Forkopimda Maluku dan Kota Ambon.

Pj. Gubernur Maluku dalam sambutannya meminta agar peringatan hari pahlawan Pattimura dapat dijadikan sebagai renungan bagi generasi muda saat ini. Sehingga diharapkan dapat membangun daerah, bangsa dan negara melalui tugas masing-masing, “dengan rasa cinta terhadap diri sendiri, cinta terhadap sesama dan cinta terhadap bangsa dan tanah air untuk mewujudkan Indonesia yang maju,” katanya.

Selain itu, Pj Gubernur juga berharap kepada wadah organisasi kepemudaan di Maluku harus mampu memajukan daerah dan bangsa dengan nilai spirit perjuangan Pattimura muda yang kuat untuk menuju Maluku emas, Maluku yang unggul.

Sementara itu, Kapolda Maluku Lotharia Latif berharap peringatan hari Pattimura dapat meningkatkan semangat masyarakat Maluku untuk menjaga persaudaraan dan persatuan serta membangun Maluku .

“Peringatan hari Pattimura jangan hanya sekadar dijadikan sebagai ajang serimonial belaka, tetapi harus dijadikan sebagai penyemangat dalam meningkatkan kesejahteraan dan membangun Maluku, khususnya para pemuda,” pintanya.

Peringatan hari Pahlawan Nasional Pattimura, kata Kapolda merupakan sebuah kebanggaan seluruh masyarakat Maluku khususnya maupun Indonesia secara umum.

“Semoga perjuangan Pattimura dapat menjadi motivasi dan semangat rela berkorban untuk generasi saat ini demi kepentingan yang lebih besar yang telah ditunjukan oleh para pahlawan Nasional kepada generasi masa kini maupun generasi masa depan,” harapnya.