Langgur, Lintas-Timur com – Pesta Demokrasi dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang rencananya akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang kini mulai memasuki tahap awal.

Salah satu daerah yang telah mulai yakni Kabupaten Maluku Tenggara yang telah mengawali proses tahapan dimana sejumlah partai politik mulai melakukan pengambilan formulir pendaftaran.

Terpantau, partai politik yang pertama mengawali pengambilan formulir pendaftaran yakni DPC PKB, DPC PDI-P, DPD Perindo dan di susul DPD PAN dan rencananya penutupan pendaftaran pada 30 April 2024 mendatang.

Dengan di bukanya pendaftaran bakal calon (balon) baik Bupati mau pun Wakil Bupati oleh partai politik ini, sejumlah nama mulai bermunculan mendaftar dari berbagai latar belakang profesi yang berbeda.

Sejumlah nama yang kini mencuat diantaranya : Muhamad Thaher Hanubun (MTH) yang merupakan petahana setalah menjabat Bupati periode 2018-2023 lalu.

Sang petahana kini di ketahui telah mengambil formulir pendaftaran di partai berlambang banteng pada hari Jumat 19/4/24 lalu, dan rencananya akan mendaftar lagi di beberapa partai dalam waktu dekat ini.

Esebius Utha Savsavubun, politisi sekaligus kader PDI-P dan juga anggota DPRD Malra sejak tahun 2003 besutan Mega Wati ini, kembali mencalonkan diri setalah periode 2018-2023 lalu, ikut namun kala dengan rivalnya sang petahana MTH.

Martinus Serius Ulukyanan (MSU) yang memiliki latar belang sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah Papua dan menjabat sebagai sekertaris KPU di salah satu daerah di wilayah setempat.

Informasi yang di himpun media Lintas-Timur.com saat pengambilan formulir pendaftaran di partai PAN, MSU akan mengakhiri masa pengabdian sebagai ASN pada bulan Mei 2024 mendatang.

Selain itu, Felix Bonu Tethol (FBT) yang juga merupakan pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Maluku Tenggara ini, mengakhiri masa jabatan sebagai Kepala Dinas Pertanian ini telah mengambil formulir pendaftaran di PDI-P, PKB.

Sementara itu, ada sejumlah nama lain yang kini mencuat di antaranya Indra Barata Warbal (IBW) telah mengambil formulir pendaftaran di Sekertarian DPD Perindo dan DPC PDI-P.

IBW telah mengambil formulir, namun di wakilkan oleh tim-nya sementara dari informasi yang di himpun media ini, IBW rencana akan tiba di Kabupaten Malra pada hari kamis 25/4/24 mendatang.

Selain itu Veky Suanthi yang di ketahui yang memiliki latar belakang sebagai pengusaha yang selama ini berdomisili di Kabupaten Malra.

VS merupakan pendatang baru yang hendak menjajaki di dunia politik sebagai bakal calon Bupati, dan di ketahui VS sendiri merupakan orang pertama yang mengambil formulir pendaftaran di DPC PDI-P pada Kamis 18/4/24 lalu.

Kini masyarakat tentu memiliki penilaian sendiri terhadap balon yang akan di percayakan memimpin Kabupaten Maluku Tenggara untuk 5 tahun mendatang, dengan harapan kesejahteraan dan pembangunan dapat berjalan sebagaimana yang di harapkan.

Olehnya itu dan siapa pun dia, yang menjadi calon Bupati, syarat utama harus dapat mengantongi rekomendasi Partai sebagai kendaraan politik untuk melaju dalam konstalasi pilkada 27 November mendatang.(**)