Tual, Lintas-Timur.com – Pemerintah Kota Tual mengagendakan sejumlah program dan kebijakan yang akan menyentuh langsung masyarakat di tahun 2025 mendatang.

Hal ini di sampaikan Pejabat Walikota Tual Ahmad Yani Renuat S.Sos, M.Si MH pada saat membuka Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) serta Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025 mendatang di Tual pada Kamis 28/3/24.

Sesuai target berbagai program dan kegiatan Pemerintah Kota Tual pada tahun 2025 mendatang nanti di upayakan lebih baik lagi pada tahun sebelumnya seperti yang telah kita lalui bersama, tegas Renuat.

Di katakan, dari aspek sumber daya manusianya serta sesi managerialnya yang di barengi dari sisi penganggaran masih terbatas, kata Renuat.

Sementara berbagai sektor pembangunan Kota Tual yang harus di bangun dengan menggunakan APBD masih banyak terlampau jauh dan jumlahnya sangat banyak.

Lanjut Renuat, guna melakukan terobosan di perlukan kecermatan guna menentukan program yang menjadi skala prioritas, sehingga dapat menyentuh masyarakat.

Pada tahun 2023-2024 ini terkait persoalan fiskal yang di miliki belum bisa memberikan ruang terhadap apa yang di inginkan, tuturnya.

Renuat bilang dalam ketentuan pasal 14 ayat 2 Permendagri nomor 86 tahun 2017, dokumen penyusunan program kebutuhan pembangunan daerah di butuhkan sinergitas koordinasi dan harmonisasi pada semua pemangku kepentingan yang ada di Kota Tual.

Untuk itu, Renuat berharap pelaksanaan Musrenbang RKPD tahu 2025 ini dapat menjadi forum yang strategis yang memiliki potensi besar bagi kita, cetusnya.

Lanjut dia, dalam amanat perundang-undangan dalam melaksanakan berbagai tahapan perencanaan di awali dengan Musrenbang Desa, Kecamatan kemudian RKPD dan selanjutnya di lanjutkan pada tingkat Provinsi maupun Pusat.

Untuk itu di harapkan, melalui forum ini dapat memberikan solusi terhadap keterbatasan serta mampu memberikan solusi dan melahirkan perencanaan yang strategis dan tepat sasaran, pinta Renuat.(**)