Jum. Sep 20th, 2024

Pj Bupati Malra, Zakat Diharapkan Mampu Membangun Keluarga Madani

Langgur, Lintas-Timur.com – Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Maluku Tenggara periode 2023-2028 resmi di kukuhkan oleh Pejabat Bupati Drs. Jasmono M.Si berlangsung di aula Kantor Bupati 5/4/24.

Kata Jasmono, esensi Baznas sebagai badan resmi yang di bentuk berdasarkan Keputusan Presiden nomor 8 tahun tahun 2000-2001 ada sebagai badan yang bertugas menghimpun serta penyalurkan Zakat, Infaq dan Sedekah.

Pemerintah bertanggung jawab dalam pengelolaan zakat tentunya berdasarkan Syariat Islam serta amanah, kemanfaatan keadilan dan kepastian hukum yang terintegrasi serta akuntabel.

Gerakan cinta zakat oleh Presiden Joko Widodo yang di luncurkan beberapa waktu lalu merupakan suatu tantangan guna mendorong partisipasi guna meningkatkan Zakat, Infaq dan Sedekah serta memastikan penyalurannya tepat sasaran bagi yang membutuhkan.

Kata Jasmono, Zakat adalah satu dari lima rukun Islam yang memiliki ciri khas berbeda karena tidak hanya memiliki dimensi vertikal seperti rukun Islam lainya yang berhubungan langsung dengan Allah SWT.

Beda dengan Zakat yang selain memiliki hubungan vertikal juga memiliki hubungan horisontal antar sesama manusia, karena dimensi horisontal ini memiliki dampak luar biasa secara sosial.

Selain itu, zakat juga dapat membangun masyarakat Madani atas dasar silaturahim dan secara ekonomi yang bersumber dari kas Negara serta penunjuk arah kehidupan ekonomi berdasarkan ajaran Al- Qur’an, tegas Jasmono.

Olehnya itu, menjadi tugas bagaiman menjadikan zakat sebagai gaya hidup yang di laksanakan dengan penuh suka cita serta kesadaran empati serta penghormatan cinta kita terhadap sesama manusia.(**)

 

Related Post