Tual, Lintas-Timur.com – Pelaksanaan Malam Taqbiran menjelang perayaan hari raya Idul Fitri akan di laksanakan sekaligus mengumumkan perlombaan “Festival Dendang Sahur”.

Pernyataan ini di sampaikan Pejabat Walikota Tual A. Yani Renuat pada awak media usai upacara gelar pasukan pengamanan operasi ketupat di Polres pada Rabu 3/4/24.

Kata Renuat, pelaksanaan malam Taqbiran tetap berjalan, maka pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak TNI dan Polri guna mengamankan pelaksanaan pawai Obor malam Taqbiran berlangsung.

Terkait pelaksanaan malam pawai ini dirinya berharap, partisipasi serta kerjasama semua golongan Agama agar kiranya tetap menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban sehingga pelaksanaan sholat Idul Fitri dapat berjalan dengan aman dan lancar, itulah indahnya Kota Tual, ungkap Renuat.

Sementara itu terkait persoalan penanganan mudik bagi masyarakat, pihaknya pun terus melakukan koordinasi dengan instansi teknis terkait dalam rapat yang di gagas oleh Kapolres Kota Tual.

Terhadap kesiapan armada yang di siapkan Pemerintah Kota Tual, kata Renuat saat ini belum mengarah pada penyediaan armada, namun jika terjadi penggelembungan arus mudik maka pihaknya akan segera mengantisipasinya.

Untuk Renuat berharap, agar masyarakat tetap menjaga keamanan lingkungan agar tetap aman dan damai guna persatuan dalam menjaga NKRI.

Di tempat yang sama, Kapolres Kota Tual AKBP. Prayuda Widiatmoko S.IK mengatakan, menjelang perayaan Idul Fitri 1445 H 2024 M, pihaknya telah menyiapkan 5 pos pengamanan, 1 pos pelayanan dan 1 pos terpadu sehingga total keseluruhan 7 pos.

Terkait pemetaan titik-titik pos pelayanan dan pengamanan semua telah di atur guna mengantisipasi terjadinya penumpukan seperti arus lalulintas yang di anggap menonjol adalah lokasi DPRD dan Tete Pancing, ungkap Kapolres.

Selain itu jika terjadi kendala di luar dugaan dan jauh dari jangkauan posnya maka, saling menutupi antara sesama PO pengamanan.

Kapolres mengatakan pada 7 pos pengamanan dan pelayanan akan di tempatkan 9 personil anggota Polri pada setiap pos dan bersiaga selama 24 jam siaga guna memberikan pelayanan bagi masyarakat yang di bantu oleh Dinas Perhubungan, Pol-PP, serta dinas terkait seperti Kesehatan untuk setiap pos.

Selain itu untuk anggota Polri yang di cadangkan sebanyak 80 personil menetap di Polres guna bergerak setiap harinya sesuai SOP dan Dipa Polri dengan 160 personil yang di siagakan guna mengamankan pelaksanaan Idul Fitri untuk 13 hari kedepanya.(**)