Pemerintah Kota Tual Gelar Uji Kompetensi Bagi Pimpinan Pratama, Renuat : Rolling Jabatan Dalam Tubuh ASN Itu Hal Biasa

Tual, Lintas-Timur.com – Seluruh Pejabat Eselon 2 lingkup Pemerintah Kota Tual mengikuti uji kompetensi dan kepatutan (Job Fit) dalam jabatan sebagai pimpinan tinggi pratama.

Kegiatan yang berlangsung di aula kantor Walikota itu di hadiri Profesor Agustinus Fatem selaku komisioner ASN, Pj Sekda Kota Tual serta para penguji berlangsung pada Senin 1/4/24.

Pejabat Walikota Tual A. Yani Renuat S. Sos, M.SI, MH mengatakan, rolling jabatan dalam tubuh Aparatur Sipil Negara (ASN) pada struktur Pemerintahan merupakan hal yang biasa saja, dan uji kompetensi ini merupakan mekanisme bagi seorang pejabat Pratama dalam mengisi jabatan.

Kendati demikian, dirinya berharap para pejabat yang mengikuti seleksi (job fit) kiranya dapat mengikuti secara saksama, karena dalam memperoleh peringkat tergantung pada perolehan nilai para peserta itu sendiri, tegas Renuat.

Selain itu kata Renuat, tentunya hasil ini akan berpengaruh juga pada evaluasi saat interaksi kerja dalam operasi kerja sehingga mencapai hasil yang maksimal.

Penerapan hasil ini bukan atas dasar kebijakan sendiri melainkan berdasarkan undang-undang yang tentunya mengatur 3 orang sebagai peringkat terbaik meskipun dalam perolehan nilai memang tidak sama.

Renuat menegaskan, dari hasil ini tentunya yang akan menilai langsung adalah pembina kepegawaian dalam memilih 3 orang terbaik sebagai proses seleksi tahap awal, sementara penilaian berikutnya sesuai interaksi kerja.

Setelah seluruh tahapan selesai, maka hasilnya akan di serahkan kembali pada Kepala Daerah dalam menilai kinerja pejabat secara nyata, seperti suatu perintah dapat di laksanakan tepat pada waktunya dan tepat pada sasarnya atau tidaknya.

Penilaian ini pun mencakup bagaimana membangun sebuah relasi serta sinergitas baik komunikasi secara lembaga atau hubungan sosial dengan seluruh Steacholder di mana dia bekerja, tandas Renuat.

Renuat berharap uji kompetensi (job fit) bagi para peserta harus menunjukan kemampuan baik dalam segi pengalaman mau pun etitut yang memiliki kapabilitas sebagai ASN dalam memajukan serta mempererat hubungan pemersatu, harapnya.(**)