Kam. Sep 19th, 2024

Pemda Malra Gelar Buka Puasa Bersama KNPI, Mengusung Tema “Bacarita Tentang Kamtibmas”

Langgur, Lintas-Timur.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menggelar buka puasa bersama dengan Forkopimda, tokoh Agama, tokoh Pemuda, OPD serta OKP Cipayung.

Kegiatan buka puasa bersama yang di selenggarakan dengan mengusung tema ” Bacarita Tentang Kamtibmas” bertempat di Masjid Agung Rauda pada Jumat 22/3/24.

Pejabat Bupati Drs. Jasmono M. Si mengatakan, pihaknya sangat merespon apa yang telah di gagas oleh DPD KNPi Malra bersama OKP Cipayung yang di rangkaian dengan “Bacarita seputaran Kamtibmas” dalam lingkup Pemda Malra.

Menurutnya, gagasan buka puasa bersama dengan mengusung tema tersebut sangat tepat dan aktual dalam menyikapi kondisi stabilitas Keamanan dan Ketertiban di wilayah ini, ucapnya.

Jasmono mengatakan, dalam berbagai kesempatan, telah di sampaikan terkait persoalan Keamanan dan Ketertiban merupakan suatu jaminan terhadap berlangsung penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan dan Pelayanan publik.

Dalam istilah latin di sebutkan Condition Seant Wan Non, atau kondisi atau unsur yang sangat di butuhkan, karena jika kondisi tidak terpenuhi maka apa pun yang di lakukan tidak bisa terlaksana, tegas Jasmono.

Hal ini pun akan menggangu kehidupan berbangsa dan bernegara, harus menjadi kesepakatan bersama jika masalah Keamanan dan Ketertiban menjadi skala prioritas demi proses penyelenggaraan Pemerintahan Malra yang maju.

Di tegaskan, dalam menjaga stabilitas keamanan bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah, TNI dan Polri, Pemuda, tokoh Agama saja, melainkan menjadi tanggung jawab bersama guna mewujudkan Malra yang aman dan damai, tegas Jasmono.

Dalam teori konflik jika terjadi bukan karena faktor Tunggul, namun multi faktor, sehingga penyelesaiannya juga secara holistik dan komprehensif dengan denga melibatkan seluruh elemen masyarakat setempat, ujarnya.

Belajar dari pengalaman selama ini, maka dalam mengatasi konflik selama ini terus menerapkan teori yang di sebutkan, sehingga teori ini akan terus di laksanakan dalam rangka menyelesaikan seluruh pertikaindi daerah ini.(**)

Related Post