Cegah Tingkat Lakalantas, Polda Maluku Sambangi SMP 6 Dan SMA 4, Ajak Siswa Tertib Berlalu Lintas

Kunjungi SMP 6 dan SMA 4 Ambon, Polda Maluku Ajak Pelajar Tertib Berlalu Lintas

POLDAMALUKU- Kepolisian Daerah Maluku mengunjungi SMP Negeri 6 dan SMA Negeri 4 Kota Ambon dalam program Police Goes To School, Jumat (15/3/2024).

Dalam kunjungannya secara terpisah, Polda Maluku melalui Satgas Preemtif Operasi Keselamatan Lalu Lintas Salawaku 2024 memberikan materi tentang tertib berlalu lintas.

Para pelajar SMP maupun SMA diajak agar kelak jika sudah cukup umur untuk diijinkan mengemudikan kendaraan agar selalu tertib berlalu lintas untuk keselamatan bersama.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengedukasi masyarakat, terutama pelajar agar senantiasa patuh dan disiplin dalam berlalu lintas,” kata Kasatgas Preemtif, IPTU Yustinus Pini.

Para pelajar juga diingatkan tentang bahaya kebut-kebutan maupun balap liar di jalan raya. Karena resikonya bukan saja untuk diri sendiri tetapi juga masyarakat pengguna jalan lainnya.

“Tertib berlalu lintas bukan saja untuk keselamatan diri sendiri, tetapi juga untuk keselamatan orang lain dan masyarakat sesama penguna lalu lintas,” jelasnya.

Polda Maluku menghimbau pentingnya mematuhi aturan berlalu lintas, seperti berkendara sudah cukup umur; menggunakan helm SNI; tidak menggunakan ponsel saat berkendara; tidak melawan arus; tidak berboncengan lebih dari satu orang dan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut para pelajar tampak antusias terhadap materi-materi tertib berlalu lintas yang disampaikan.

“Kegiatan ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara, terutama di kalangan pelajar. Karena dengan meningkatnya pemahaman mengenai aturan dan keselamatan berkendara, diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda Maluku,” harapnya.