Rangkul Para Tokoh Sikapi Kondisi Malra Usai Pemilu, Ini Penjelasan Pejabat Bupati

Langgur, Lintas-Timur.com – Menyikapi kondisi keamanan akhir-akhir ini pasca Pemilihan Umum dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menghimbau masyarakat setempat untuk tetap menjaga Kamtibmas.

Himbauan ini disampaikan secara resmi melalui rilis yang di sampaikan Dinas Informasi dan Komunikasi kabupaten Maluku Tenggara yang di terima media pada Rabu 13/3/24.

Perlu di ketahui, Pejabat Bupati Drs. Jasmono M.Si dalam menyikapi kondisi stabilitas yang mengganggu saat pelaksanaan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara dengan mengajak Forkopimda, tokoh Agama, tokoh Adat guna melakukan langkah-langkah cepat, terukur serta sistematis.

Langkah ini di tempuh, mengingat pada saat pleno rekapitulasi berlangsung telah terjadi pemalangan ruas jalan jenderal sudirman serta pemasangan Sasi/Hawear di Kantor Komisi Pemilihan Daerah (KPUD) Malra pada Sabtu 9/3/24 lalu.

Melalui koordinasi dengan berbagai pihak yang di lakukan Pj. Bupati Jasmono, pada hari Selasa sekitar pukul 17.00 WIT pemalangan jalan dapat di buka.

Sementara pada hari yang sama berkat upaya serta dukungan dari berbagai pihak akhirnya pada pukul 21.00 WIT, pemalangan Sasi/Hawear di KPUD Malra dapat di lepas Orang Kay Langgur Hyronimus Dumatubun.

Berbagai upaya yang di lakukan, kini kondisi Kabupaten Malra kian kondusif, sehingga Pejabat Bupati Jasmono mengajak seluruh komponen masyarakat Malra agar bersama-sama menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban ini.

Jangan terprovokasi dengan isu yang membuat stabilitas keamanan terganggu sehingga dapat memecah belah persatuan serta keutuhan Bangsa.

Jasmono juga mengajak masyarakat setempat agar dengan semangat falsafa Ain Ni Ain, Vuut Ain Mehe Ngivun, Manut Ain Mehe Tilur kita lawan provokator yang sengaja merusak tatanan hidup orang Basudara di bumi Evav, berjuluk Lar Vul Ngabal ini, pintanya.

Selain itu, pada bulan ini merupakan pelaksanaan bulan suci Ramadhan 1445 H bagi umat Muslim serta Umat Kristiani menjalani masa Pra Paska, sehingga kondisi kamtibmas di Malra tetap terjaga dengan baik.

Dalam rilisnya yang di sampaikan, Pejabat Bupati Jasmono juga menghimbau pada masyarakat agar kiranya dapat melaporkan pada aparat (pihak Kepolisian) jika ada indikasi baik perorangan atau kelompok yang dengan sengaja mengganggu stabilitas keamanan agar di tindak.

Dirinya juga berharap, kembalikan citra daerah ini sebagai daerah yang damai guna kelangsungan penyelenggaran pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pelayanan publik yang baik, pinta Jasmono.

Ciptakan kondisi Maluku Tenggara yang rama akan kehadiran para investor yang akan menanam sahamnya di daerah ini, sehingga pergerakan ekonomi dapat memberikan dampak yang nyata bagi kesejahteraan masyarakat Malra, pintanya.

Kita ciptakan Maluku Tenggara menjadi daerah yang ramah terhadap investor, sehingga kita dapat menggerakan perekonomian daerah yang dapat memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, pinta Jasmono.(**)