Sab. Sep 21st, 2024

Langka Cepat Redam Konflik, DPD KNPI Salut Terhadap Kinerja Pemda Malra

                      Inekke Silva Refra

 

DPD KNPi Malra akui dalam meredam konflik perlu keterlibatan berbagai pihak guna meredam konflik 

Langgur, Lintas-Timur.com – Dewan pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengapresiasi langka cepat Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dalam meredam konflik horisontal selama ini.

Pernyataan ini di sampaikan Inekke Silva Refra melalui press release yang di terima media Lintas-Timur.com pada hari Rabu 6/3/24.

Inekke mengatakan, DPD KNPI dalam melakukan kritikan merupakan bagian fungsi kontrol serta kecintaan terhadap daerah ini, akibat beberapa konflik horisontal selama ini terjadi.

Srikandi muda yang saat ini menjabat wakil Ketua DPD KNPI Malra saat ini mengapresiasi langka cepat sekaligus mengklarifikasi kritikan DPD KNPI melalui media Online dan akun facebook Diskominfo Maluku Tenggara.

DPD KNPI Malra juga mengapresiasi kinerja Pejabat Bupati Drs. Jasmono M.Si dalam upaya melakukan rekonsiliasi dalam upaya meredam konflik horisontal selama beberapa hari terakhir, cetus Inekke.

Inekke juga mengakui jika dalam menangani konflik haruslah melibatkan berbagai pihak sehingga secara kelembagaan KNPi Malra akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah, TNI dan Polri guna mendorong pembentukan sebuah badan semisal lembaga yang berperan langsung ke masyarakat guna meredam konflik yang akan terjadi, tuturnya.

Memang upaya ini jika terlaksana, maka tentu melibatkan berbagai pihak seperti tokoh Agama, tokoh Adat, tokoh Pemuda, Kepala Desa/Ohoi hingga struktur terkecil yakni Rukun Tetangga dan Rukun Warga, tegas Inekke.(**)

Related Post