Jum. Sep 20th, 2024

Hadiri Pemasangan Atap Gereja Ebenhaezer Weduar, Jasmono Ajak Jaga Kebersamaan

EvavTerkini.com – Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tenggara Drs. Jasmono, M.Si menghadiri kegiatan pemasangan atap Gereja Ebenhaezer Jemaat GPM Weduar bertempat di Desa Weduar Kecamatan Kei Besar Selatan Senin, (4/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Jasmono bilang satu tahapan penting dalam proses pembangunan gedung gereja ini akan dilaksanakan, untuk itu atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan selamat atas pelaksanaan pemasangan atap di Gereja Ebenhaezer ini.

Semoga seluruh prosesnya berlangsung dengan baik dan lancar, sehingga pekerjaan besar ini, setahap demi setahap akan mampu dirampungkan,” pintanya.

Kata Jasmono, pembangunan tempat ibadah di agama apapun, adalah suatu hal yang sangat penting, Rumah ibadah yang baik akan memberikan kenyamanan serta menambah ke khusyuan umat yang menjalankannya.

Namun di lain sisi, satu hal yang perlu juga sama-sama Kita hayati adalah, kebiasaan-kebiasaan baik yang selalu terjadi selama proses dan tahapan Pembangunan rumah ibadah di manapun itu, menghadirkan nilai-nilai penting yang di alami, dirasakan dan terbangun dalam hubungan sosial di tengah-tengah masyarakat.

Menurutnya, pembangunan rumah ibadah selalu menjadi wadah silaturahmi antar sesama Umat saling bergotong royong, saling membantu, dan saling bahu membahu, sehingga semua perbedaan menjadi hilang, demi satu tujuan.

Salah satu bukti nyata adalah pembangunan Gereja Ebenhaezer ini, tentu ada begitu banyak dukungan, tidak hanya dukungan dari warga ohoi Weduar, tetapi juga dukungan dari ohoi sekitar, dan sangat terlihat jelas dukungan tidak hanya dari Umat Warga GPM, tetapi juga umat dari golongan agama lainnya.

Inilah nilai penting yang terus dipupuk dari pekerjaan sosial membangun rumah ibadah, Keakraban, kekeluargaan, persatuan dan toleransi menjadi semakin kuat di dalam masyarakat, tegas Jasmono.

Hal ini sesuai dengan warisan orang tua para leluhur, Orang Kei memiliki budaya Maren, Budaya yang menjadi kekuatan, saling membantu, berbagi dan saling memberi untuk meringankan beban sesama.

Dalam konteks dukungan pemerintah, pembangunan rumah ibadah memiliki nilai tersendiri dalam rangka pembinaan umat.

Jasmono bilang, pembangunan generasi muda juga sangat penting dalam hal pembinaan baik dalam lingkup Gereja, Masjid maupun sarana peribadatan lainya telah terbukti melahirkan generasi yang memiliki ide positif, dan berpengaruh di lingkungan masyarakat.

Olehnya itu Pemda Malra akan selalu berupaya memberikan dukungan penuh melalui berbagai kebijakan hiba sarana peribadatan, dan memberikan stimulus demi kelancaran pembangunan sarana ibadah.

Selain itu Pemda juga akan terus melakukan pembinaan mental dan spiritual umat, organisasi ke agamaan dan pembinaan dalam wahana keagamaan sebagai bentuk pembangunan sumber daya manusia di daerah ini, tegas Jasmono.

Meskipun kondisi keuangan daerah yang menipis, akan tetapi Pemda Malra akan terus melakukan relokasi anggaran guna pengembangan sarana peribadatan, hingga selesai.

Sebentar lagi kita memasuki tahun 2024, yakni masanya tahun politik, untuk itu selaku pejabat Kepala Daerah Kabupaten Maluku Tenggara mengajak seluruh komponen agar dapat menyukseskan Pemilihan Umum Legeslatif, Pemilihan Presiden dan Pemilihan Kepala Daerah baik Itu Gubernur dan Bupati nanti, pinta Jasmono.

Selan itu Jasmono juga mengajak seluruh Masyarakat Maluku Tenggara agar kiranya tetap menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban, jangan termakan berita berita sesat atau hoaks, jika perlu harus mengkaji lebih awal sehingga terhindar dari sumber yang sifatnya mengadu dan memprovokasi.

Mari kita menyambut pesta demokrasi guna menentukan pilihan memilih pemimpin untuk 5 tahun mendatang dengan suka cita tidak ada paksaan dari pihak mana pun juga, cetus Jasmono.(Dani)

Related Post