Difinubun Bantah Dugaan Korupsi Dana Hiba FKUB, Laporan Retraubun Dinilai Menyesatkan

Difinubun Bantah Dugaan Korupsi Dana Hiba FKUB

 

Lintas-Timurcom – Terkait laporan Pdt. Roy Retraubun terhadap indikasi dugaan korupsi dana hiba di tubuh Forum Komunikasi Antar Umat Beragama selama 5 tahun itu tidak benar adanya.

Pernyataan ini di sampaikan Ketua FKUB Kabupaten Maluku Tenggara Arifin Difinubun melalui rilis yang di sampaikan ke media ini 7/11/23.

Difinubun mengakui, memang benar ada dana hiba yang di peruntukan untuk organisasi dalam hal ini FKUB Kabupaten Malra sejak tahun 2018 – 2023.

Namun harus di pahami, dana hiba tersebut bukan di kelola langsung oleh FKUB, karena dana tersebut berada dalam Dipa Kesbangpol, beber Difinubun.

Lebih lanjut di katakan Difinubun, ada pun kegiatan di lakukan adalah dialog lintas agama serta pembinaan keagamaan pada tingkat Kecamatan dan Ohoi/Desa serta Kabupaten.

Namun perlu di ketahui, kegiatan – kegiatan tersebut semuanya di laksanakan oleh pihak Kesbangpol Kabupaten Maluku Tenggara, bukan FKUB, tandasnya.

Sementara narasumber adalah dari FKUB sendiri yang terdiri dari Ulama, para Pendeta, Pastor, PHDI, termasuk dari unsur Pemerintah dan TNI/Polri.

Dari semua narasumber yang menyampaikan materi di sediakan transportasi, makan, honor yang kesemuanya itu di laksanakan oleh pihak Kesbangpol Malra.

Untuk itu kata Difinubun, terhadap laporan saudara Pendeta Roy Retraubun ke pihak Kejaksaan Negeri Tual pada 7/11/23 dan telah di beritakan oleh media di nilai prematur dan tidak dapat di pertanggung jawabkan kebenaranya

Oleh itu, perlu di sampaikan pada yang bersangkutan dalam hal ini Pdt. Roy Retraubun agar dapat mengklarifikasi pemberitaan termasuk di medsos karena di nilai telah mencederai nama baik para tokoh Agama serta Organisasi FKUB itu sendiri karena di anggap telah menyesatkan, pinta Difinubun.(**)