Bupati Malra Melepas Peserta Lomba Belan, Meriahkan FPMK Tahun 2023

Lintas-Timur.com – Festival Pesona Meti Kei (FPMK) yang merupakan agenda rutin Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara pada tahun ini di meriahkan dengan perlombaan dayung Belan.

Muhamad Thaher Hanubun selaku Bupati Maluku Tenggara sangat mengapresiasi seluruh komponen masyarakat yang terlibat dalam kegiatan di maksud.

Hal ini di sampaikan Bupati Thaher dalam arahannya saat melepas peserta lomba Belan yang berlangsung di Ohoi Rerean pada 23/10/23.

Kata Hanubun, festival lomba dayung belang merupakan ajang promosi wisata sekaligus memupuk persaudaraan sejati antara masyarakat di wilayah Kabupaten Malra.

Ini merupakan ajang guna mempererat tali silaturahmi antara warga masyarakat Ursiw dan Lorlim (pata siwa dan pata lima), ungkap Thaher.

Thaher juga mengapresiasi seluruh keterlibatan para Camat dan Kepala Ohoi/Desa yang telah berperan aktif sehingga pelaksanaan pembukaan Belan ini dapat terlaksana dengan baik.

Perlu di ketahui, lomba Belan dalam rangka memeriahkan (FPMK) tahun 2023 ini melibatkan 11 Kecamatan dalam lingkup Pemda Malra serta satu Belan yang dari gabungan OPD Pemda Malra.

Dalam perlombaan ini, tentunya pasti ada yang kalah dan menang, namun itu adalah hal biasa saja, yang terpenting tetap menjaga sportifitas selama penyelenggaraan berlangsung, pinta Thaher.

Dalam kesempatan itu, Thaher berharap perlombaan Belan ini kedepan nantinya bisa menjadi perhatian Pemerintah Provinsi, karena Malra memiliki sejuta potensi yang belum tentu di miliki oleh Daerah lain di Maluku.

Mengawali perlombaan Belan, berlangsung terdapat 4 fase, pada babak penyisihan menampilkan Belan Kecamatan Kei Besar Selatan pada lintasan pertama, di susul Kecamatan Manyew pada lintasan ke dua, lintasan ketiga Kecamatan Hoat Sorbay.

Selanjutnya pada fase ke 2, di ikuti peserta kedua dari Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan, Kecamatan Kei Besar Utara Timur dan Kecamatan Kei Besar.
Pada fase ke 3, yaitu Belan perwakilan OPD, Kecamatan Kei Kecil Timur dan Kecamatan Kei Kecil.
Sementara fase ke 4 atau fase terakhir yakni Kecamatan Kei Besar Selatan Barat, Kecamatan Kei Besar Utara Barat dan Kecamatan Kei Kecil Barat.(**)