Pemda Malra Berhasil Rangkul Unpatti Dan IAIN Ambon Guna Peningkatan Kualifikasi Guru

Ambon LT – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara kembali merangkul perguruan tinggi Ilmu Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon setelah sehari sebelumnya melakukan kerjasama (MoU) dengan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon.

Dalam kesepakatan kedua belah pihak bersedia melakukan kerjasama guna meningkatkan sumberdaya manusia lebih khusus pada bidang pendidikan yang kesepakatanya di bahas dalam rapat bersama yang berlangsung di kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (Stain) Ambon 13/5/23. 

MoU antara Pemkab Malra langsung di tanda tangani Bupati Malra Muhamad Thaher hanubun dan IAIN Ambon di wakili Rektor Zainal Abidin Rahawarin

Berdasarkan data info public Malra, telah di sepakati antara Pemda Malra dan IAIN Ambon yang mana di benarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Malra Umar Hanubun melalui via whatsAppnya.

Selain itu ada juga nota kesepahaman di antaranya penanda tanganan perjanjian kerjasama Dinas Pendidikan Malra dengan fakultas ilmu Tarbiah kejuruan Ambon.

Kesepahaman itu tertuang dalam nota kesepahaman dengan nomor 420/87/2023 pada sabtu 13 Mei 2023  antara Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Tenggara dengan fakultas Tarbiyah yang akan di tetapkan dalam nota kesepahaman yang sesuai kesepakatan ke dua bela pihak.

Umar mengatakan kerjasama tersebut telah tertuang dalam kesepakatan selama 5 tahun dan dapat di tinjau kembali sewaktu-waktu jika di perlukan kelanjutan kerjasama atau pemberhentian tergantung kesepakatan kedua belah pihak itu sendiri.

Selain itu kualifikasi D1,D2 dan D3 di tergetkan dalam dua semester, sementara PGA, SPG atau sederajat di targetkan dalam waktu empat semester, beber Umar.

Sementara untuk kualifikasi sarjana umum biasanya lebih dari empat semester karena ada penyesuaian muatan materi yang berhngan langsung dengan ilmu pendidikan.

Dalam kerjasama itu, pihaknya akan terus melakukan pengembangan dalam hal mata pelajaran umum di antaranya matematika, biologi dan dan lainya, terang Umar.(Saad)