Toleransi Antar Umat Beragama Mewarnai Sholat Ied Di Pemkab Malra

Langgur LT – Gema Takbir, Tahmid dan Tahlil menggema se-antero bumi ini, pertanda umat Muslim seluruh dunia akan melaksanakan sholat Idul Fitri 1 Syawal 1444 H.

Tak ketinggalan pula Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara juga melaksanakan sholat Idul Fitri secara bersama – sama di pelataran Masjid Raya Al-Muhajirin Langgur.

Dalam perayaan sholat Idul Fitri 1syawal 1444 H ini memang sesuai arahan serta panitia hari besar Islam (PHBI) Kabupaten Malra, dimana sholat Idul Fitri di Kota Langgur akan terpusat di pelataran masjid Raya Al-Muhajirin.

Menariknya, sholat Idul Fitri ini basudar umat kristiani turut andil dalam menyukseskan pelaksanaan sholat Idul Fitri bagi umat Muslim di kota Langgur.

Hal ini menunjukan begitu besar teloransi antar umat beragama serta begitu besar tali persaudaraan yang terjalin yang di kenal dengan ” Manut Ain Mehe Ni Tilur, Fuut Ain Mehe Ni Ngifun”.

Filosofi para leluhur ini mengumpamakan kita meskipun berbeda namun berasal dari satu turunan dan kemudian terbagi dalam memeluk agama dan keyakinan masing – masing.

Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun usai melaksanakan sholat Idul Fitri mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi terhadap Basudara kristiani yang turut membantu pengamanan sholat Ied ini.

Menurutnya kita semua sama dalam kehidupan harus menjalin hubungan antar sesama, karena dalam agama sudah mengajarkan untuk saling menghargai dan menghormati pemeluk yang lain.

“kamu adalah saya dan saya adalah kamu, karena darah yang mengalir di tubuhmu sama dengan darah yang mengalir di tubuhku”.

Lebih lanjut di katakan, hendaknya moment seperti ini yang perlu kita tingkatkan sehingga kedepan dapat terjalin persaudaraan yang sejati

Hanubun mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah dan pribadi menyampaikan penghargaan yang sebesar- besar atas partisipasi dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketentraman dalam pelaksanaan sholat Ied berlangsung, ucapnya.

Hadir dalam pelaksanaan sholat Ied Forkopimda, Sekertaris Daerah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malra, OPD serta Steacholder lainya.(Saad)